Kapolsek Gambir Terinjak-injak Massa Demo Ricuh di Patung Kuda

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 19:03 WIB
Massa demo BEM Muhammadiyah di Patung Kuda sempat dorong-dorongan dengan petugas
Massa demo BEM Muhammadiyah di Patung Kuda sempat dorong-dorongan dengan petugas. (Mulia/detikcom)
Jakarta -

Demo mahasiswa dari BEM kampus-kampus Muhammadiyah, yang menuntut menteri Jokowi dievaluasi, berakhir ricuh. Sejumlah aparat, termasuk Kapolsek Gambir Kompol Rango Siregar, sempat terinjak saat massa terlibat dorong-dorongan dengan petugas.

"Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa pada penyampaian pendapat oleh rekan-rekan mahasiswa terpaksa kita amankan, karena tadi terjadi pendorongan yang mengakibatkan beberapa anggota Polri terinjak-injak," kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Setyo mengatakan salah satu perwira yang sempat terinjak saat demo ricuh adalah Kapolsek Gambir Kompol Rango Siregar. Dia menuturkan pihaknya masih melakukan pendataan terkait detail jumlah anggota yang terluka.

"Sementara masih kita lakukan pendataan, yang jelas tadi Kapolsek Gambir terinjak-injak dan satu anggota Polda dan masih ada yang lain, masih kita lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dia mengatakan ada 26 orang yang diamankan dan dibawa ke Polda Metro Jaya. Mereka terdiri atas mahasiswa, termasuk koordinator aksi dan massa non-mahasiswa.

"Kita amankan berikut korlap dan massa yang kita temukan ada massa non mahasiswa sejumlah 26 orang kita amankan untuk kita ambil keteranganya," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan juga membenarkan insiden tersebut.

"Iya memang ada pemukulan ke Kapolsek Gambir, ya pokoknya tangan-kaki (terluka), sekarang sedang di rumah sakit," kata Zulpan.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Sempat Ricuh, Polisi Amankan 26 Massa Demo di Depan Gedung DPR

[Gambas:Video 20detik]