26 Orang Diamankan dari Demo Ricuh BEM Muhammadiyah, Ada Non-mahasiswa

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 18:39 WIB
Polisi mengamankan 26 orang usai demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus-kampus Muhammadiyah yang digelar di Monas Jakarta diwarnai kericuhan. Polisi mengungkap ada massa bukan berstatus mahasiswa yang turut diamankan. (Mulia Budi/detikcom)
Polisi menangkap 26 orang setelah demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus-kampus Muhammadiyah yang digelar di Monas Jakarta diwarnai kericuhan. (Mulia Budi/detikco
Jakarta -

Polisi mengamankan 26 orang setelah demonstrasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) kampus-kampus Muhammadiyah yang digelar di Monas, Jakarta, diwarnai kericuhan. Polisi mengungkap ada massa bukan berstatus mahasiswa yang turut diamankan.

"Kita amankan berikut korlap dan massa yang kita temukan ada massa non-mahasiswa sejumlah 26 orang, kita amankan untuk kita ambil keterangannya," kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto di Patung Kuda, Jumat (20/5/2022).

Setyo mengatakan massa non-mahasiswa datang ke lokasi menggunakan satu mikrolet. Mereka datang saat demonstrasi dari BEM kampus-kampus Muhammadiyah berlangsung di tengah guyuran hujan.

"Mereka datang tadi waktu hujan deras datang satu mikrolet dengan mikrolet penuh dan ada yang duduk di atas mikrolet, waktu hujan deras tadi dengan berpakaian hitam-hitam semuanya," katanya.

Dia mengatakan polisi belum sempat meminta keterangan dari massa non-mahasiswa ketika mereka tiba di lokasi. Dia menyebut mereka berpakaian serba hitam.

"Jadi tidak sempat kita lakukan pemeriksaan mereka, mereka langsung bergabung dengan mahasiswa dan malah disambut oleh rekan-rekan mahasiswa, kemudian mereka membuat border mendorong kami sebagai aparat yang mengamankan mereka," tuturnya.

Dia mengatakan 26 orang yang diamankan langsung dibawa ke Polda Metro Jaya. Dia mengatakan massa non-mahasiswa sempat mengaku kepada polisi.

"Tadi belum kita data hanya tadi sempat kita amankan, mereka ada yang mahasiswa, yang korlap emang jelas korlap karena korlap harus bertanggung jawab ya untuk mengamankan itu. Yang non mahasiswa kita amankan tadi mengaku 'saya bukan mahasiswa, saya bukan mahasiswa'. Dia mengaku udah, sebelum kita mau masuk ke mobil tadi mengaku dia," terangnya.

Demo Ricuh Dibubarkan

Sebelumnya, massa aksi dari BEM beberapa kampus Muhammadiyah di Patung Kuda, Jakarta Pusat, dibubarkan paksa. Demonstrasi dibubarkan karena mencoba menerjang barisan petugas.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Sempat Ricuh, Polisi Amankan 26 Massa Demo di Depan Gedung DPR

[Gambas:Video 20detik]