detikcom Do Your Magic

Kondisi Atap JPO di Margonda Depok Semakin Parah

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 14:01 WIB
Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022).
Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom
Jakarta -

Atap di Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Margonda Depok, masih belum diperbaiki. Beberapa atap JPO di dekan Margonda Residence itu, kini terlepas.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (20/5/2022) pukul 12.37 WIB, ada beberapa atap JPO tersebut yang sudah terlepas. Sebelumnya, pada bulan Februari 2022, masih terdapat atap, meski sudah sobek dan berlubang, menempel di lokasi.

Beberapa bagian atap sudah terlepas dan tersangkut di pagar JPO. Tidak diketahui kapan atap JPO itu terlepas.

Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022).Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022). Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom

Saat siang hari, kondisi di JPO semakin panas. Terik matahari kian menyengat lantaran tak ada atap yang melindungi.

Sesekali, terlihat pejalan kaki yang melewati JPO ini. Untuk menghindari matahari, beberapa dari mereka cenderung menggunakan jaket dan topi. Ada pula yang sengaja menggunakan lengan panjang.

detikcom pun mencoba mewawancari beberapa pejalan kaki. Mereka melewati JPO saat hendak menyebrang dan menunggu transportasi umum.

Adalah Rani (25) mengatakan, dirinya sering melewati JPO itu. Bisanya, dia melewati JPO saat hendak menggunakan transportasi umum.

Saat musim hujan, kata Rani, seringkali JPO licin. Kalau tak hati-hati, pejalan kaki bisa saja terjatuh.

"Kalau ditanya tanggapannya ya cukup menyulitkan ya. Karena jadi kendala juga apalagi saya yang lumayan sering lewat JPO ini. Paling repot tuh musim hujan, kalau musim kemarau kayak sekarang ya mungkin gak begitu lah," ujarnya.

Di sisi lain, Rani berharap JPO dapat segera diperbaiki. Hal itu demi menunjang kenyamanan pejalan kaki.

Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022).Kondisi JPO di dekat Margonda Residence, Depok yang rusak. Kini atap JPO tersebut telah lepas. Jumat (20/6/2022). Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom

Kalau tak segera diperbaiki, katanya, pejalan kaki akan sulit melintas. Kondisi cuaca yang berubah-ubah pun kerap merepotkan.

"Ya harapannya semoga bisa cepat diperbaiki ya. Kasihan pejalan kaki. Kalau lewat sini tuh ya ampun panasnya itu loh. Coba deh bapak-bapak yang kerjanya di ruangan adem dan gak pernah pakai transportasi umum lewat sini. Biar kerasa," tuturnya.

Pejalan kaki lainnya Vindo (29) mengungkapkan, atap yang berlubang di JPO sangat tak layak. Sebagai sarana umum, seharusnya pemerintah setempat bisa lebih tanggap mengatasi permasalahan tersebut.

"Kalau saya sih lebih ke prihatin ya. Karena sarana umum kok ya bisa gak diperhatikan. Harusnya kan pemerintah kita khususnya pemkot bisa lebih tanggap dan peka melihat persoalan ini," kata Vindo.

Sebagai pejalan kaki yang rutin menggunakan JPO tersebut, dia menilai perbaikan atap sangat diperlukan. Anggaran pun harusnya sudah disiapkan pemkot.

Sebab, jika tak kunjung diperbaiki, dia khawatir pemerintah setempat bakal lupa. Permasalahan atap roboh pun akan tenggelam karena tak ada tindaklanjut.

"Justru jangan sampai anggaran yang masuk itu gak digunakan atau lebih parahnya digunakan untuk yang lain. Ini kan fasilitas umum, artinya kan ini hak kita semua," tuturnya.

"Kalau gak segara dibereskan ya takutnya bisa saja kan permasalahan ini tenggelam. Semuanya lupa," imbuhnya.

Pemkot sedang memproses perbaikan. Simak di halaman selanjutnya.