One Way di Daan Mogot, Banyak Pemotor Terobos Barrier Jembatan Dua Lio Baru

Khairul Ma'arif - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 11:35 WIB
Pemotor terobos barrier (Khairul Maarif/detikcom)
Foto: Pemotor terobos barrier (Khairul Ma'arif/detikcom)
Tangerang - Sistem satu arah atau one way di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, masih diberlakukan. Namun pagi ini banyak dijumpai pengendara motor yang melanggar rekayasa lalu lintas.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (20/5/2022) pukul 10.32 WIB, banyak pengendara motor yang menerobos barrier penutupan jalan di Jembatan Dua Lio Baru untuk putar balik. Seharusnya, para pengendara motor itu putar balik di Jembatan Mookervart 1.

Bahkan ada pengendara motor yang nekat menyeberang dari Jl Pembangunan 3 ke Jl Sudirman dan sebaliknya melewati Jembatan Dua Lio Baru. Terlihat barrier penutup jalan di Jembatan Lio Baru bergeser karena diterobos para pemotor.

Kondisi ini tentunya membahayakan. Sebab kendaraan yang melintas di Jl Daan Mogot yang diberlakukan one way kecepatannya cukup tinggi. Di lokasi tidak terlihat petugas yang berjaga, sehingga para pemotor seenaknya menerobos barrier.

Pemotor terobos barrier (Khairul Ma'arif/detikcom)Foto: Pemotor terobos barrier (Khairul Ma'arif/detikcom)

Seorang warga sekitar, Suhari (48) mengatakan memang banyak pengendara roda dua yang melanggar aturan one way ini.

"Ya kadang ada kadang enggak. Motor doang mobil mah tidak ada," kata Suhari saat ditemui di lokasi, Jumat (20/5/2022).

Menurut Suahri, petugas Dishub Kota Tangerang yang berjaga di lokasi memang hanya ada saat pagi dan sore hari saja.

"Petugas ada. Pagi sama sore. Tidak tentu namanya petugas mah kadang pukul 07.30 WIB kadang pukul 08.00 WIB. Kalau saya lihat paling ada 15 menit kadang sampai 1 jam," tambahnya.

Pemotor terobos barrier (Khairul Ma'arif/detikcom)Foto: Pemotor terobos barrier (Khairul Ma'arif/detikcom)

Ia mengaku tidak mengetahui siapa yang membuka pembatas jalan tersebut. Selain itu, juga Suhari tidak mengetahui sejak kapan pembatas jalan tersebut terbuka hingga bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Tidak tau yang buka mah. Jika ada petugas mah ditutup," ucapnya.

Suhari menuturkan memang selama banyak pengendara roda dua yang melanggar di sini ia belum pernah melihat hingga terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Tidak tahu sih. Tapi sepenglihatan saya selama di sini tidak pernah lihat kecelakaan," jelasnya.

Diketahui sebelumnya, pemberlakuan sistem one way di Jalan Daan Mogot, mulai diberlakukan Minggu (20/2). Pengendara di Kota Tangerang dan sekitarnya tidak bisa melintasi Jl Daan Mogot untuk pergi ke Jakarta.

"Prinsipnya itu satu arah di jalur Daan Mogot, kemudian di Jalan Bouraq. Sirkulasi satu arah semua,"ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar kepada wartawan, Minggu (20/2/2022).

Lihat juga video 'Pemotor Asal Aceh Nyasar Masuk Tol Medan Gegara Google Maps':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/isa)