Polda Metro Siapkan Pengamanan Demo Massa Bela UAS di Kedubes Singapura

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 10:14 WIB
Kasus prostitusi Cassandra Angelie oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Pool/Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Massa Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) hari ini akan menggelar demo di Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura untuk Indonesia terkait penolakan Singapura terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS). Polda Metro Jaya akan mengamankan demo tersebut.

"Surat pemberitahuan sudah diberikan ke Ditintelkam Polda Metro. Massanya kalau di pemberitahuan ada 50 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Jumat (20/5/2022).

Zulpan mengatakan demo akan berlangsung siang hari nanti. Sejauh ini dia menyebut tidak ada pengamanan khusus yang akan dilakukan petugas keamanan.

Menurut Zulpan, selain petugas kepolisian, petugas keamanan internal di Kedubes Singapura juga akan dilibatkan dalam mengamankan aksi unjuk rasa tersebut.

Dia menambahkan, masyarakat untuk tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas di sekitar lokasi. Zulpan memastikan tidak ada kebijakan penutupan jalan yang akan dilakukan terkait demo tersebut sejauh ini.

"Ya biasa aja sih jangan terlalu berlebihan. Kita liat juga dari penyampaian yang akan menyampaikan pendapat juga kan mereka menyampaikan perkiraan massa 50. Kita lihat juga dari pemberitahuan itu kita sesuaikanlah (petugas keamanan)," terang Zulpan.

Untuk diketahui, massa Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) akan menggelar demo di Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura untuk Indonesia di Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, siang ini. Massa demo berkaitan dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk Singapura.

"Betul akan adanya aksi pada hari ini setelah salat Jumat di Kedubes Singapura," ujar Korlap Aksi PP Perisai, Muhammad Senanatha, dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Demonstrasi di Kedubes Singapura direncanakan berlangsung pada pukul 13.00 WIB selepas salat Jumat nanti. Adapun, massa Perisai demo Kedubes Singapura dengan membawa 3 tuntutan.

Lihat juga video 'Ini 3 Hal Alasan Singapura Tolak UAS':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: tiga tuntutan massa demo.