Sidang Kasus Hoaks, Bahar Smith Singgung Kunjungan Jokowi-Konser Ketua MPR

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 07:42 WIB
Suasana sidang Habib Bahar
Foto: Suasana sidang Habib Bahar Smith pada Kamis (19/5/2022). (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Habib Bahar Smith kembali menjalani sidang kasus penyebaran berita bohong di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat. Saat agenda pemeriksaan saksi, Bahar menyinggung soal kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ramai didatangi warga.

Dilansir dari detikJabar, Jumat (20/5/2022), hal itu diungkapkan Bahar Smith kala pemeriksaan saksi Kiai Abdul Mujib. Untuk diketahui, Bahar Smith duduk sebagai terdakwa dalam sidang ini karena diduga menyebarkan berita bohong soal Habib Rizieq Shihab dibui karena menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Saya tanya, saat PSBB banyak enggak yang menyelenggarakan Maulid?" tanya Bahar Smith kepada saksi Kiai Abdul Mujib di ruang sidang, Kamis (19/5).

Saksi pun menjawab ada. Bahar Smith kemudian bertanya kembali, jika ada pihak-pihak yang mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW, mengapa hanya Rizieq yang ditangkap.

"Kunjungan Presiden Jokowi di Kalimantan tanggal 18 kerumunan, Presiden di Maumere NTT, Cirebon kerumunan Presiden juga tanggal 31 bulan 8. Kemudian di Kabupaten Tuban, Toba kerumunan pelabuhan tanggal 2 bulan 2 2022. Grogol Presiden juga kerumunan bagi-bagi sembako. Apakah hukum seperti itu?" tutur Bahar.

Tak hanya kunjungan Jokowi yang disinggung, Bahar Smith juga menyinggung soal hajatan yang dihadiri pejabat, konser musik Ketua MPR dan long march Banser.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Kuasa Hukum Habib Bahar Siapkan Materi Eksepsi soal HRS-Penembakan FPI':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/eva)