Tommy Soeharto di Balik Markas Lama Partai Berkarya Dihuni Parsindo

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 07:29 WIB
Ketum Parsindo Jusuf Rizal
Tommy Soeharto dan Jusuf Rizal. (Dok. @PARTAI_PARSINDO)
Jakarta -

Penampakan berbeda terlihat di salah satu gedung warna kuning di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Rupanya, gedung yang sempat menjadi kantor pusat Partai Berkarya itu kini diduduki Parsindo, partai yang disokong Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

Gedung di Jl Pangeran Antasari yang biasanya merupakan tempat sehari-hari Partai Berkarya beraktivitas, kini terdapat plang DPP Partai Swara Rakyat Indonesia atau Parsindo.

Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang menyebut segala aktivitas partainya kini sudah pindah kantor ke daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

"Sejak Munaslub tahun 2020 dan keluar SK Kemenkumham per 30 Juli 2020, kami pindah ke Graha Berkarya, Jl Taman Margasatwa Raya No 11 Jakarta Selatan," kata Picunang saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/5/2022).

Picunang menyebut saat itu masih ada kader Berkarya yang berkantor di daerah Pangeran Antasari. Namun, setelah sengketa internal diputuskan Mahkamah Agung, kegiatan Partai Berkarya di kantor tersebut resmi dihentikan.

Kantor lama Partai Berkarya kini dipakai Parsindo (Ahmad Toriq/detikcom).Kantor lama Partai Berkarya kini dipakai Parsindo (Ahmad Toriq/detikcom).

"Di internal kami kan masih ada yang berkantor saat itu di Antasari kantor lama, namun putusan Mahkamah Agung terkait sengketa internal sudah inkrah dan dimenangkan Ketum Muchdi Pr, maka kegiatan Berkarya di sana sudah tidak ada dan digantikan oleh Partai Parsindo," ujar dia.

Picunang menegaskan hanya ada satu kantor resmi Partai Berkarya. "Kantor DPP kami yang resmi dan legal hanya satu, yaitu di Margasatwa No 11 Jaksel. Punya izin domisili dan lain-lain," ujarnya.

Parsindo Disokong Tommy Soeharto

Tommy Soeharto diketahui kehilangan Partai Berkarya. Kepengurusan Partai Berkarya pecah dan legitimasinya kini dikantongi oleh Muchdi PR.

Namun, ternyata asa politik Tommy tak pupus. Tommy merapat ke Parsindo yang kini dipimpin Jusuf Rizal, Presiden LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA).

"Setelah Berkarya pecah, gerbong Pak Tommy ikut melebur ke Parsindo, Pak Tommy men-support. Sebagai komitmen dari itu, kemudian kami menempati kantor di Antasari itu," kata Jusuf Rizal saat dihubungi, Kamis (19/5).

Lihat juga video 'Soal Kasus BLBI, Tommy Soeharto Melawan!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: