Lalin depan DPR Jelang Demo Masih Normal, Penutupan Berlaku Situasional

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 12:17 WIB
Jakarta -

Massa gabungan dari aliansi buruh, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan mahasiswa akan menggelar demo di depan gedung MPR/DPR hari ini. Rekayasa lalu lintas di Jalan Gatot Subroto menuju Slipi bersifat situasional.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan ada beberapa elemen massa yang akan berdemo di DPR siang ini. Massa demo datang dengan tuntutan masing-masing.

"Ada dari Aliansi Rakyat Menggugat (ARM), Aliansi Selamatkan Indonesia (ASI), tetapi tidak banyak (peserta aksinya). Kita sudah siapkan pengamanan, tuntutannya macam-macam, masalah ekonomi, masalah hukum," ujar Zulpan saat dihubungi, Kamis (19/5/2022).

Diperkirakan ada 300 orang yang akan berunjuk rasa. Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan di sekitar DPR untuk mengawal demo tersebut.

Terpisah, Direktur Intelkam Polda Metro Jaya Kombes Hirbak mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan aksi demo hari ini.

"Pemberitahuan demo sudah ada, aksi damai," ujar Hirbak.

Pengalihan Arus Situasional

Sementara itu, Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional.

"(Penutupan jalan) akan situasional," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berkaitan adanya aksi demonstrasi ini. Penutupan arus lalu lintas sangat bergantung pada perkembangan eskalasi massa.

"Penutupan akan dilakukan melihat perkembangan jumlah massa aksi," katanya.

Terkait titik konsentrasi massa demo hari ini, Sambodo mengatakan hari ini terpusat di DPR saja.

"Di DPR," ucapnya.

(mea/hri)