Ada Demo di DPR, Polres Jakbar Siagakan Personel di TL Slipi

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 10:47 WIB
Situasi lalu lintas di depan DPR jelang demo massa, Kamis (19/5/2022).
Situasi lalu lintas di depan DPR menjelang demo massa, Kamis (19/5/2022). (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Aliansi buruh, organisasi masyarakat (ormas), dan mahasiswa akan menggelar demo di depan gedung DPR/MPR hari ini. Polres Metro Jakarta Barat ikut mengamankan agenda aksi ini dengan menyiagakan personel di dekat DPR.

"Dua ratus personel gabungan tersebut diterjunkan guna untuk memastikan kelancaran dan keamanan dimana wilayah Jakarta Barat merupakan jalur lintasan," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

Personel gabungan tersebut terdiri atas polres dan polsek. Pasma meminta pihaknya bertindak humanis dan persuasif dalam pengamanan.

"Juga meminta seluruh personel untuk menaati standar operasional dan ketentuan di internal Polri terkait penggunaan kekuatan dalam tugas kepolisian," katanya.

Pasma mengatakan, dalam antisipasi pengamanan, pihaknya menempatkan sejumlah personil di beberapa titik. Di antaranya TL Slipi, TL Pejompongan, Pospol Palmerah, dan TL Harmoni.

"Kami ingin memastikan untuk kelancaran dan keamanan saat aksi unras ini berlangsung," tuturnya.

Pantauan detikcom di gedung DPR RI pukul 10.30 WIB, terlihat petugas kepolisian mulai bersiaga di sekitar area lokasi. Pintu gerbang DPR RI tampak masih dibuka.

Selain itu, terdapat water barrier dan kawat berduri. Kondisi arus lalu lintas di depan gedung DPR terpantau ramai lancar.

Simak Video 'Rantis-Brimob Bersiaga di DPR Jelang Aksi Demo Mahasiswa-Buruh':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/hri)