ADVERTISEMENT

Massa Buruh Bergerak ke GBK Usai Orasi di DPR, Lalin Gatsu Dibuka Kembali

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 12:44 WIB
Jakarta -

Massa buruh yang tergabung dalam aksi May Day Fiesta menyampaikan orasi di depan gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat. Setelah melakukan orasi, mereka bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Pantauan detikcom di depan gedung MPR/DPR, Sabtu (14/5/2022), massa mulai bergerak sekitar pukul 12.00 WIB. Massa bergerak ke GBK sambil mengibarkan bendera serikat buruh dan didominasi berpakaian oranye bertulisan 'Partai Buruh.'

Tak lupa poster dan spanduk bertuliskan tuntutan turut dibentangkan sambil long march ke GBK. Lalu lintas Jl Gatot Subroto menuju Slipi pun dibuka kembali.

Massa bergerak sembari menyalakan flare berwarna merah. Sesekali terdengar teriakan dari pria di atas mobil komando.

"Hidup buruh... hidup buruh...," katanya.

Massa buruh long march dari DPR ke GBK untuk merayakan May Day Fiesta.Lalin Gatsu ke Slipi mulai dibuka kembali. (Rizky Adha/detikcom)

Arus lalu lintas di Jl Gatot Subroto mulai dibuka lagi sambil menunggu massa buruh meninggalkan lokasi aksi.

Polisi turut mengimbau massa aksi segera mensterilkan Jl Gatot Subroto. Karena lalu lintas akan kembali dibuka.

"Peserta aksi diharap meninggalkan jalan, karena jalan akan dibuka," ujar petugas kepolisian menggunakan pengeras suara.

Diketahui, massa buruh menggelar May Day Fiesta dalam rangkaian peringatan hari buruh internasional atau May Day. Peringatan May Day dilakukan dengan serangkaian demo di DPR dan puncaknya perayaan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat menghindari kawasan GBK pada pukul 09.00-15.00 WIB. Diperkirakan ada 60 ribu buruh yang akan ikut memeriahkan May Day Fiesta ini.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar kiranya besok mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB kiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/5).

(mea/bar)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT