Anggota PDIP ke Anies: Tak Boleh Pakai APBD untuk Kerja Sama Eropa!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 09:47 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak, politikus PDIP di DPRD DKI. (Dok. DPRD DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri sejumlah penandatanganan perjanjian kerja sama bidang transportasi di Eropa. Wakil rakyat Jakarta dari PDIP mengingatkan agar rencana kerja sama yang baru diteken tak melibatkan APBD DKI.

"Kerja sama luar negeri yang diberitakan sehubungan dengan kunjungan Gubernur Anies ke luar negeri saat ini tidak diperkenankan melibatkan APBD. Kerjasama tersebut tidak boleh antara pemerintah DKI dengan pihak lain, baik kota, swasta atau pihak manapun di luar negeri," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Gilbert menyatakan seluruh perjanjian antara pemerintah daerah (pemda) dan luar negeri mesti melalui persetujuan Dewan. Ketentuan ini, menurut dia, merujuk pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) 2 Tahun 2014 ayat 10.

"(Jadi) Perjanjian itu hanya boleh antara BUMD (badan) dengan pihak lain, dan itu pun tidak boleh meminta Penyertaan Modal Daerah (PMD) dalam pembiayaannya, karena bukan persetujuan DPRD. Kerja sama yang dilakukan Gubernur dengan sisa masa jabatan kurang dari enam bulan, sama sekali di luar pengetahuan DPRD," ujarnya.

Anggota Komisi B itu lantas menyinggung soal penggunaan APBD untuk ajang Formula E. Dia menilai Anies ceroboh menggunakan dana daerah untuk ajang balap mobil listrik itu.

"Kejadian dalam penandatanganan Formula E Tahun 2018 yang menggunakan APBD tanpa persetujuan DPRD terlebih dahulu adalah perjanjian ilegal, karena melanggar UU," pungkasnya.

"Program Formula E yang jelas akan merugi di atas Rp 500 miliar dan menggunakan APBD ini adalah sebuah mahakarya yang buruk Gubernur Anies. Kecerobohan yang menggunakan APBD secara serampangan dan dibayang-bayangi tuntutan di arbitrase internasional di Singapura," sambungnya.

Selanjutnya, soal kerja sama yang dijalin Anies:

Lihat juga Video: Ahmad Sahroni Tegaskan Formula E Tak Menggunakan APBD!

[Gambas:Video 20detik]