detikcom Do Your Magic

Perbaikan Lanjutan Jl Pabuaran Bogor Dilanjut Juni, Biaya Capai Rp 3,9 M!

Muchamad Sholihin - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 17:02 WIB
Kondisi kerusakan di ruas Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 18 Mei 2022. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Kondisi kerusakan di ruas Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 18 Mei 2022. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Perbaikan kerusakan Jl Pabuaran (Bojonggede-Citayam), Kelurahan Pabuaran, Kabupaten Bogor, akan dilanjutkan mulai Juni nanti. Perbaikan jalan raya ini bernilai miliaran rupiah.

"Lelangnya kan Maret kemarin itu kan sudah beres ya, jadi sekarang tinggal tunggu kontrak. Perkiraan Juni-lah, awal atau pertengahan Juni-lah," kata Kepala Sub-Bidang Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbaikan Jalan dan Jembatan Wilayah 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, Entus, saat dihubungi detikcom, Rabu (17/5/2022).

Saat ini, pihak Dinas PUPR masih menunggu tahapan lanjutan sebelum pengerjaan perbaikan Jl Pabuaran. Salah satunya peninjauan lapangan oleh pejabat Dinas PUPR.

"Nanti saya ke dinas (PUPR) dulu, kalau pemberkasan kan di kantor dinas, kalau kita di UPT, paling kalau sudah ada kunjungan atau peninjauan ke lapangan, nah kita baru tahu nih kapan kira-kira muiai pengerjaannya. Sesudah kunjungan ke lapangan nanti kita dapat SPK (surat perintah kerja)," beber Entus.

"Prosesnya hari ini adalah penentuan kontrak dulu, kemudian peninjauan lapangan oleh Dinas PPUR," kata Entus menegaskan.

Kondisi kerusakan di ruas Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 18 Mei 2022. (Muchamad Sholihin/detikcom)Kondisi kerusakan di ruas Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 18 Mei 2022. (Muchamad Sholihin/detikcom)

Ruas Jl Pabuaran yang menjadi sasaran perbaikan lanjutan, kata Entus, dimulai di titik akhir betonisasi yang dilakukan pada 2021, yakni sekitar RS Citama Bojonggede hingga jembatan layang rel kereta api atau sekitar titik jalan rusak di RT 02 RW 05 Kelurahan Pabuaran.

"Rp 3,9 M. Titik perbaikan lanjutan, titiknya mulai dari jembatan layang rel kereta api sampai ujung beton perbaikan pertama, sekitaran RS Citama," ungkap Entus.

"Termasuk jalan rusak itu juga (jalan rusak RT 02 RW 05) masuk sasaran perbaikan lanjutan, dan titik jalan rusak itu kan memang termasuk yang saya ajukan dan kategorinya urgen," tambah Entus.

Diberitakan sebelumnya, kerusakan di Jl Raya Pabuaran (Bojonggede-Citayam), Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, belum diperbaiki seluruhnya. Kerusakan jalan masih tampak di beberapa titik dan menjadi penyebab kemacetan.

Jl Pabuaran adalah jalan yang pada awal 2021 'dihiasi' spanduk-spanduk satire. Sebagian ruas jalan ini sudah diperbaiki dan selesai pada Desember lalu. Namun, sebagian ruas di Jl Pabuaran masih rusak.

Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, pantauan terakhir pada 31 Desember, sudah lebih mulus ketimbang kondisi 26 Januari 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)Jl Pabuaran, Kabupaten Bogor, pantauan terakhir pada 31 Desember, sudah lebih mulus ketimbang kondisi 26 Januari 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)

Pantauan detikcom Do Your Magic, secara umum Jl Pabuaran mulai dari Simpang PDAM Cibinong hingga menjelang Stasiun Citayam sudah mengalami banyak perubahan. Jalan rusak yang di tahun-tahun sebelumnya tampak di sepanjang jalan menuju perbatasan Bogor-depok kini banyak yang telah diperbaiki. Namun betonisasi hanya dilakukan di separuh ruas Jl Pabuaran.

Jalan rusak masih tampak di beberapa lokasi. Di antaranya kerusakan ada di depan pertokoan sekitar RS Citama. Di titik ini, jalan rusak tampak terhampar sepanjang sekitar 3 meter. Lubang-lubang jalan tampak diisi batu.

Pada titik jalan rusak lainnya, terlihat di sekitar jembatan rel kereta api, tepatnya di RT 02 RW 05 Kelurahan Pabuaran. Jalan rusak di lokasi ini tampak menganga. Aspal yang dibangun sekitar dua tahun lalu itu kini sudah hancur. Aspal yang rusak mengakibatkan jalan berlubang dengan kedalaman sekitar 20 cm.

(dnu/dnu)