ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Sebagian Jl Pabuaran yang Dulu Rusak Kini Dibeton

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 17:52 WIB
Jl Raya Pabuaran dalam proses perbaikan. 17 Desember 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jl Raya Pabuaran dalam proses perbaikan. 17 Desember 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Kerusakan permukaan jalan di Jl Raya Pabuaran hampir rampung diperbaiki. Jalanan ini segera bisa digunakan tanpa menimbulkan rasa waswas di benak pengendara lantaran aspal hancur.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jl Raya Pabuaran arah Bojonggede menuju Citayam, Jumat (17/13/2021), sebagian jalan sudah mulai dibeton.

Pembetonan dilakukan mulai sekitar kantor Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, hingga sekitar Rumah Sakit Citama, panjangnya sekitar 100 meter. Kondisi lalu lintas relatif lancar.

Pemotor bebas melintas di kawasan perbaikan jalan. Sesekali terjadi kemacetan pada mobil ketika jalan ditutup (karena buka-tutup jalan).

Masih ada beberapa titik jalan berlubang sebelum (dari arah Bojonggede) memasuki area perbaikan jalan. Pantauan tadi pada pukul 15.45-16.00 WIB, cuaca mendung dan sedikit gerimis. Tidak ada pekerja perbaikan jalan di lokasi. Jalan yang belum bisa diakses ditutupi menggunakan sebilah kayu.

Warga setempat menjelaskan perbaikan jalan dimulai sejak beberapa bulan silam. Erwin yang akrab betul dengan perkembangan perbaikan jalan ini yakin jalanan bakal bisa sepenuhnya digunakan tak lama lagi.

"Ini pun Senin paling dibuka," kata Erwin (28) saat ditemui, Jumat (17/13/2021).

Erwin mengatakan jalan rusak di kawasan ini sudah lama tidak diperbaiki. Perkiraannya sekitar lebih dari 2 tahun. Jalan rusak di kawasan ini telah menelan kerugian bagi pengendara maupun masyarakat yang melintas. Menurutnya, perbaikan jalan berlubang penting dilakukan.

"Sampai orang mau kerja saja sudah rapi jatuh. Posisinya dia sudah pakai kemeja, balik lagi kagak jadi kerja posisinya. Ada juga tukang bakso terbalik," pungkas Erwin.

Jl Raya Pabuaran dalam proses perbaikan. 17 Desember 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)Jl Raya Pabuaran dalam proses perbaikan. 17 Desember 2021. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)

Sebelumnya, pada Januari 2021, warga memasang spanduk satire sebagai bentuk protes. Salah satu spanduk yang terkadang adalah 'Awas Ada Lele.'

Bukan hanya spanduk satire, tapi juga pohon pisang ditanam di lokasi saat itu. Jalan yang rusak tersebut ada di depan Rumah Sakit Citama, Bogor.

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT