ADVERTISEMENT

Ini 8 Langkah Pemprov DKI Antisipasi Wabah PMK

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 10:34 WIB
Pemeriksaan kesehatan hewan ternak gencar dilakukan di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Pemeriksaan itu guna cegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan.
Ilustrasi pemeriksaan ternak sebelum dikirim ke daerah lain (Foto: Antara Foto)

7. Petugas Dinas KPKP melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan di lima wilayah kota setiap hari pada tempat penampungan dan pemotongan hewan

8. Publikasi informasi PMK melalui media sosial DKPKP dan media.

Dharma Jaya Pastikan Sapi di DKI Bebas PMK

Sebelumnya, Perumda Dharma Jaya memastikan daging dan sapi hidup yang dipasok ke Jakarta terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Direktur Utama Dharma Jaya Raditya Endra menuturkan sapi diambil dari daerah-daerah yang terbebas dari wabah PMK.

"Kami memastikan bahwa sumber sapi yang kita ambil ini selama ini aman dari tempat yang aman, lalu semua sapi yang masuk ke Dharma Jaya itu sebelum turun dari truk kita udah harus screening, terutama sapi dari daerah terindikasi," kata Raditya Endra saat dimintai konfirmasi, Selasa (17/5).

Raditya mengatakan Dharma Jaya mengimpor sebagian besar sapi beku dari Australia dan Brasil. Sedangkan untuk sapi hidup didatangkan dari Jawa Barat, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kalau daging kebanyakan impor, jadi nggak masalah sih. Dari Australia dan Brasil juga nggak ada masalah dengan PMK ini, aman," imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya bakal melakukan prosedur pengecekan jika sapi harus diambil dari daerah terindikasi PMK. Nantinya, sapi-sapi tersebut akan dikarantina dan dites sebelum turun dari truk.


(taa/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT