Satgas COVID-19: Aturan Pelonggaran Masker Berlaku Besok

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 19:16 WIB
Jakarta -

Pemerintah memutuskan melonggarkan peraturan penggunaan masker dalam masa transisi pandemi ke endemi. Satgas COVID-19 mengatakan aturan terkait masker dan syarat perjalanan akan berlaku mulai besok.

"Nantinya elaborasi arahan Presiden akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian COVID-19 terkait pelaku perjalanan luar negeri dan dalam negeri, dan masa berlaku efektifnya per 18 Mei 2022 atau besok," ujar jubir Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan aturan pelonggaran masker untuk masyarakat. Kini masyarakat boleh tidak menggunakan maker di ruangan terbuka atau outdoor.

"Pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam konpersnya.

Meski begitu, saat berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, masyarakat tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid juga tetap disarankan menggunakan masker saat beraktivitas.

(zap/imk)