Menkes: Imunitas Masyarakat Indonesia terhadap Varian Baru Relatif Baik

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 19:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan alasan di balik pelonggaran penggunaan masker bagi masyarakat di Indonesia. Budi mengatakan imunitas masyarakat Indonesia terhadap varian baru COVID-19 relatif baik.

"Jadi relatif Indonesia dan India, imunitas dari masyarakatnya terhadap varian baru sudah relatif cukup baik," kata Budi.

Pernyataan itu disampaikan Budi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). Budi awalnya menjelaskan mengenai kenaikan kasus COVID-19 yang disebabkan oleh varian baru.

"Jadi kita sudah melihat bahwa penyebab utama lonjakan dari kenaikan kasus COVID-19 adalah karena adanya varian baru, ini jauh lebih menentukan dibandingkan dengan adanya acara-acara besar seperti lebaran dan tahun baru," ujar Budi.

"Dan apa yang kejadian di beberapa negara seperti Amerika dan Jepang, yang sekarang sedang tinggi naiknya di Taiwan dan China itu karena ada varian baru BA.2 Omicron BA.2," sambung Budi.

Survei terkait AntibodiHasil survei terkait antibodi. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Kondisi kenaikan kasus COVID-19 di sejumlah negara di atas itu berbeda dengan di Indonesia. Menurut Budi, Indonesia relatif tak mengalami lonjakan kasus COVID-19 yang tinggi dengan adanya varian baru tersebut.

"Yang menarik bagi beberapa negara seperti India dan Indonesia ternyata BA.2 itu sudah dominan juga di Indonesia, di India. Tetapi berbeda dengan negara-negara lain seperti China dan Amerika, kita tidak mengamati adanya kenaikan kasus yang tinggi, dengan adanya varian baru," ujar Budi.

Simak juga 'Jokowi Bolehkan Masyarakat Lepas Masker di Luar Ruangan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)