Transisi Pandemi Jadi Endemi, Ini Alasan Aturan Masker Dilonggarkan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 19:01 WIB
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pernyataan Presiden Jokowi itu merupakan salah satu program transisi dari pandemi ke endemi.

"Bapak Presiden sudah menyampaikan berita gembira buat kita semua, itu merupakan salah satu bagian dari program transisi yang pemerintah siapkan secara bertahap dari pandemi ke kondisi endemi," kata Menkes Budi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Budi mengungkap hal penting yang harus dilakukan dalam masa transisi ini. Dia menyebut pemahaman dan tanggung jawab masyarakat terkait protokol kesehatan adalah hal penting itu.

"Saya pernah sampaikan kepada teman-teman bahwa salah satu hal yang paling penting untuk bisa melakukan transisi dari pandemi ke endemi, selain data-data saintifiknya adalah pemahaman masyarakat bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada di diri masing-masing," katanya.

"Jadi sekuat apapun negara mencoba mengatur masyarakatnya untuk berperilaku hidup sehat tetap yang paling baik adalah kesadaran untuk berperilaku hidup sehat itu ada di masing-masing individu," imbuhnya.

Menurut Budi, berdasarkan sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, transisi itu bisa terjadi ketika masyarakat sudah menyadari protokol hidup sehat. Guna mencapai kesadaran protokol hidup sehat itu, kata Budi, perlu edukasi.

"Dari semua pandemi yang kita lihat dari sejarah kehidupan manusia, transisi itu terjadi pada saat masyarakat sudah menyadari bagaimana caranya melakukan protokol hidup yang sehat di dirinya dan keluarganya masing-masing, dan itu memerlukan edukasi dan memerlukan penerapan bertahap," jelasnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengumumkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker. Masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan diperbolehkan tidak memakai masker.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). Kebijakan pelonggaran masker ini memperhatikan kondisi COVID-19 yang semakin landai.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi. (lir/imk)