ADVERTISEMENT

Laporan dari Singapura

Menhub Harap Industri Penerbangan Indonesia Pulih Total Tahun 2023

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 18:28 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi megunjungi Gerbang Tol Cikampek Utama. Kedatangannya untuk meninjau arus balik lebaran 2022 di Tol Jakarta-Cikampek.
Menhub Budi Karya Sumadi. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Indonesia Budi Karya Sumadi menyebut industri penerbangan Indonesia akan segera pulih. Industri penerbangan Tanah Air diprediksi pulih total pada 2023.

"Kalau saya sih maunya 2023 pulih tetapi tadi teman-teman dari International Civil Aviation Organization (ICAO) bilang 2024. Kalau saya Indonesia sih 2023 seharusnya bisa pulih," kata Budi di Singapura, Selasa (17/5/2022).

Budi memprediksi jumlah penumpang jalur udara tahun ini mencapai 78 juta orang. Angka tersebut masih di bawah tahun 2019, tapi sudah di atas awal tahun pandemi, yakni 2020 dan 2021.

"Harapannya tahun 2023, sudah sama jumlahnya (penumpang) dengan 2019, dari semua segi itu sudah positif semua," jelas Budi.

Budi menambahkan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memulihkan industri penerbangan. Salah satunya kemudahan memberi izin.

"Kita tidak mau jadi regulator, kita maunya jadi bapak. Jadi jika anak lagi sakit, nggak mesti kita kasih regulasi, nggak boleh pergi atau segala macam. (Yang betul) kita tanya sakit apa. Kita kasih menu (perawatan), terus sembuh? itu perumpamaannya," lanjut Budi.

"Jadi yang kita lakukan adalah kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan izin, kita berikan kepada Lion Group untuk mendapatkan izin, kita berikan kemudahan kepada Pelita untuk masuk itu adalah suatu kemudahan di tengah ketidakpastian kita memberikan mereka invest," paparnya.

Simak juga 'Bandara YIA Siap Tambah Rute Penerbangan Internasional ke Singapura':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT