PD Sebut Kepuasan Kinerja SBY Tak Serendah Jokowi, PKB: Dulu Nggak Ada COVID

fca - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 17:17 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid.
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) mengklaim tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak pernah serendah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kini indikatornya menurun di angka 58,1%. Penurunan angka kepuasan terhadap Jokowi itu direkam oleh hasil survei terbaru lembaga Indikator Politik.

PKB, salah satu partai koalisi, membalas PD yang dinilai tak elok soal pembandingan itu. Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid mengatakan kedua rezim itu memiliki perbedaan zaman dan tantangan.

"Nggak elok dibanding-bandingkan sebab beda zaman dan tantangan," kata Jazilul kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Dia menegaskan saat SBY memimpin, COVID-19 belum merebak seperti sekarang. "Dulu nggak ada COVID-19," ujarnya.

Jazilul menilai perlu adanya kebersamaan dalam menghadapi situasi krisis saat ini. Lantas, menurutnya, tak perlu upaya saling merendahkan apalagi provokasi.

"Kita perlu kebersamaan dalam menghadapi situasi yang sulit. Tidak perlu saling merendahkan, apalagi provokasi," lanjut anggota Komisi III DPR itu.

Meski begitu, dia menilai hasil survei yang menunjukkan indikator kepuasan terhadap kinerja Jokowi anjlok perlu diatensi oleh pemerintah. Sekaligus, sebutnya, memantik Jokowi mendorong para menterinya menoreh prestasi nyata.

"Namun, hasil survei ini hendaknya menjadi perhatian agar pemerintahan Pak Jokowi bekerja lebih keras, kreatif dan produktif, serta mendorong para menterinya agar lebih fokus pada prestasi nyata," kata dia.

PD Pamer Tingkat Kepuasan terhadap SBY

PD mengaku turunnya kepuasan terhadap Presiden Jokowi sesuai dengan prediksi mereka. PD menyebut pemerintah belum mengatasi masalah-masalah yang ada di masyarakat.

"Sudah diprediksi, kepuasan terus menurun karena pemerintah tidak sigap mengatasi masalah-masalah yang riil," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendrta Putra, saat dihubungi, Minggu (15/5).

Survei ini disebutnya menjadi pengingat pemerintah. Menurut Herzaky, survei kepuasan pada Presiden SBY, yang pernah jadi Ketua Umum Partai Demokrat, tidak pernah serendah itu.

"Ini alarm, bahaya. Nggak pernah serendah itu Pak SBY. Tidak pernah serendah itu setahu saya. Harapan kami kondisi ekonomi kembali membaik," ujarnya.

Simak video 'Indikator Politik Ungkap 35% Warga Tak Puas Kinerja Jokowi, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/imk)