Winson Reynaldi Tak Boleh, Ini yang Berhak Kenakan Seragam PP

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 16:03 WIB
Winson Reynaldi
Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Pengurus ormas Pemuda Pancasila (PP) angkat bicara soal tindakan YouTuber Winson Reynaldi mengenakan seragam PP saat jumpa pers menjelang adu tinju dengan anak Ahmad Dhani, El Rumi. Pengurus menyebut seragam PP seharusnya hanya bisa dipakai oleh orang yang telah melewati proses kaderisasi.

"Itu sebenarnya harus melalui kaderisasi. Ketentuan kita itu ada koperasi sendiri yang mengeluarkan," kata Wakil Ketua MPW PP DKI Jakarta Lasman Napitupulu saat dihubungi, Minggu (15/5/2022).

Dia menambahkan, warga yang belum dilantik sebagai kader PP secara aturan tidak diperkenankan memakai seragam PP.

"Tidak diperkenankan. Kita adanya namanya lembaga yang bagian pemantauan penggunaan atribut-atribut," ujar Lasman.

Lasman mengatakan pihaknya juga sudah bertemu dengan Winson. YouTuber itu mengaku mendapatkan seragam PP dengan membeli secara online.

Lasman tidak memerinci berapa biaya yang dikeluarkan oleh Winson untuk mendapatkan seragam PP. Namun seragam itu kini telah disita oleh pengurus.

"Dia bilang dia beli online dan kita sudah ganti rugi dengan catatan seragamnya kita sita," jelas Lasman.

Dalam pertemuan dengan pengurus PP, Winson pun telah menyampaikan permintaan maaf kepada pengurus PP. Menurut Lasman, tindakan YouTuber itu akibat ketidaktahuannya terhadap aturan pemakaian seragam PP.

"Itu kesalahpahaman yang masih muda-muda aja. Kasusnya sudah clear," terang Lasman.

Awal Mula Kasus

YouTuber Winson Reynaldi dituduh melakukan penghinaan lantaran memakai seragam ormas Pemuda Pancasila (PP) saat jumpa pers menjelang adu tinju dengan anak Ahmad Dhani, El Rumi. Setelah mendapatkan banyak sorotan, Winson meminta maaf.

Diketahui, El Rumi vs Winson Reynaldi bakal bertanding di Hollywings Club V pada 12 Juni 2022. Winson sendiri terlihat mengunggah foto dirinya tengah memakai baju Pemuda Pancasila sebelum jumpa pers. Ia tampak mengepalkan kedua tangannya.

Tampak momen Wilson sedang jumpa pers adu tinju. Sambil mengenakan seragam Pemuda Pancasila, Wilson mengacungkan jari tengah kepada El Rumi.

"Lo pake baju PP acara gini maksudnya apa? Lu keluarga besar PP? kalo maksud lu mau menghina PP, lu haram jadah," tulis @pemudapancasila_nasional.

"Orang ini sangat mencoreng nama baik Pemuda Pancasila @winsonreynaldi," lanjutnya.

Pada akun Instagramnya, Winson sendiri sudah meminta maaf terkait aksinya itu. Ia meminta maaf kepada seluruh pengurus Pemuda Pancasila.

"Oke hari ini Jumat 13 Mei 2022, saya hari ini ingin minta maaf untuk kegaduhan yang terjadi di sosial media, khususnya saya minta maaf untuk rekan-rekan dari organisasi pemuda pancasila karena kemarin saya datang ke press conference datang pakai baju organisasi," ujar Winson seperti dilihat, Jumat (13/5)

Winson mengaku ia tak meminta izin kepada Pemuda Pancasila untuk mengenakan seragam. Ia tidak mengetahui bahwa harus ada izin terlebih dahulu untuk mengenakan seragam PP.

"Saya juga minta maaf untuk ketua umum Pemuda Pancasila di mana pun itu, dengan tidak ada tekanan di sini saya untuk ngomong dan itu adalah perbuatan salah dari saya. Saya mau minta maaf," jelas Winson.

Lihat juga Video: Polri Jelaskan Pemilihan Warna Krem Seragam Baru Satpam

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/gbr)