Ribut soal Meme Anies Berujung Maaf dari Ruhut

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 07:21 WIB
Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Postingan politikus PDIP Ruhut Sitompul soal meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menuai polemik. Ia yang disoal oleh masyarakat Papua karena menyinggung suku Dani, kini meminta maaf.

Dirangkum detikcom, Minggu (15/5/2022), kasus ini bermula dari postingan Ruhut melalui akun Twitter @ruhutsitompul. Di akun Twitter-nya itu Ruhut memposting foto meme Anies memakai pakaian adat suku Dani.

Ruhut Dilaporkan ke Polda Metro

Atas postingannya itu, Ruhut dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega pada Rabu (11/5). Pelapor menilai unggahan Ruhut soal meme Anies yang memakai baju adat suku Dani, bermuatan SARA dan diduga melanggar UU ITE.

Laporan pelapor tertuang dalam nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022. Dalam laporan tersebut Ruhut Sitompul dilaporkan dengan tuduhan pelanggaran Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Ruhut Buka Suara

Ruhut sendiri telah buka suara. Ruhut membantah tudingan rasis di postingan meme Anies berpakaian adat suku Dani itu.

Ruhut menyebut maksud cuitannya hanya mau menunjukkan Anies kerap berusaha menunjukkan diri. Dalam penjelasannya ini, Ruhut juga membawa-bawa suku Jawa.

"Karena sudah dibuktikan kan dia katakan dia asli orang Yogya, ya, dia orang Jawa. Sekarang ada lagi orang yang bikin gambar dia jadi orang Papua. Macam-macam kan datang ke satu daerah asli putra. Namanya usahe kan," ujar Ruhut, Kamis (12/5).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan Juga Video Sosok Minggu Ini: Kisah Kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]