Ruhut Sitompul Ngaku Sudah Minta Maaf soal Kasus Meme Anies yang Diduga Rasis

Rolando - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 15:51 WIB
Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul menggelar konferensi pers di Ruang Fraksi PD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2016). Ruhut menjelaskana sehubungan dengan  penonaktifannya sebagai koordinator juru bicara partai. Lamhot Aritonang/detikcom.
Ruhut Sitompul (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengaku sudah minta maaf kepada Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan terkait polemik postingan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani, Papua. Ruhut mengatakan permintaan maaf itu saat bertemu dengan pelapor di salah satu stasiun televisi.

"Sudah (minta maaf), waktu saya dipertemukan sama dia yang melapor (di salah satu stasiun televisi). Sudahlah, sudah beberapa hari yang lalu," kata Ruhut kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Lantas, bagaimana soal proses hukum kasusnya yang sedang berjalan? Menanggapi itu, Ruhut menghormati proses hukum yang diambil pelapor. Ruhut menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

"Itu gimana polisilah, aku kepada hukum, dong. Jadikan hukum panglima, ya," ujarnya.

Selain itu, Ruhut mengatakan tak mendapat teguran dari PDIP terkait polemik yang dipicu dari cuitannya. Namun dia menekankan bahwa telah meminta maaf atas cuitan yang berisi foto Anies memakai baju adat suku Dani.

"Nggak (ada teguran), mereka tahu pribadi saya. Karena sebenarnya nggak ada yang salah dari saya, tapi karena dibilang minta maaf, saya minta maaf, kan begitu saja," imbuhnya.

Pelapor Harap Ruhut Diproses

Ruhut Sitompul sebelumnya dipolisikan buntut postingan meme Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani. Pelapor, Panglima Komandan Patriot Revolusi Petrodes Mega MS Keliduan, menilai postingan Ruhut tidak etis.

Mega mengungkapkan alasannya melaporkan Ruhut Sitompul ke polisi. Mega menduga Ruhut mengunggah meme tersebut hanya untuk mengolok-olok Anies.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Ruhut Dilaporkan Dugaan Rasis, Polda Metro Segera Periksa Saksi':

[Gambas:Video 20detik]