Pelapor Ingin Ruhut Minta Maaf ke Seluruh Rakyat Papua, Ingatkan Proses Adat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 07:15 WIB
Ruhut Sitompul
Ruhut Sitompul (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Politikus PDIP Ruhut Sitompul mengaku sudah minta maaf kepada Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan terkait polemik postingan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani, Papua. Namun Mega menilai permintaan maaf Ruhut kepada dirinya saja tidak cukup.

"Jadi kalau permintaan maaf ke saya artinya kan saya nggak bisa jawab saya memaafkan karena ini masalahnya kolektif rakyat Papua. Biasnya orang permintaan maaf itu secara terbuka dan kepada seluruh rakyat Papua," kata Mega kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Mega juga mengingatkan Ruhut bahwa di Papua persoalan pemintaan maaf itu ada proses adatnya. "Biasanya di Papua itu kan dalam persoalan permintaan maaf begitu itu ada prosesi adatnya, misalnya biasanya ada bakar batu lah, ada apa lah," ucap Mega.

Dalam pelaporan terhadap Ruhut ke Polda Metro Jaya, Mega mengaku tak memiliki masalah personal dengan Ruhut. Ia mempolisikan Ruhut karena ingin mengingatkan agar orang-orang, terlebih politikus senior seperti Ruhut tidak 'mengganggu' Papua.

"Saya berharap proses itu menjadi pelajaran buat yang lain apalagi tokoh-tokoh politik yang senior, jangan lupa bahwa Pak Presiden itu sedang fokus melirik Papua, fokus mengalihkan pembangunan ke Papua. Ini tokoh-tokoh politik seluruh Indonesia harus mendukung ini dan jangan selalu melecehkan atau merusak kebhinnekaan yang sedang terbangun. Saya ingin ini menjadi pelajaran, karena hal-hal sepele begini, mampu memicu konflik yang cukup besar," ungkapnya.

Seperti diketahui, Ruhut Sitompul mengaku sudah minta maaf kepada Petrodes Mega MS Keliduan terkait polemik postingan meme Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani, Papua. Ruhut mengatakan permintaan maaf itu saat bertemu dengan pelapor di salah satu stasiun televisi.

"Sudah (minta maaf), waktu saya dipertemukan sama dia yang melapor (di salah satu stasiun televisi). Sudahlah, sudah beberapa hari yang lalu," kata Ruhut kepada wartawan, Sabtu (14/5).

Lantas, bagaimana soal proses hukum kasusnya yang sedang berjalan? Menanggapi itu, Ruhut menghormati proses hukum yang diambil pelapor. Ruhut menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian.

Selain itu, Ruhut mengatakan tak mendapat teguran dari PDIP terkait polemik yang dipicu dari cuitannya. Namun dia menekankan bahwa telah meminta maaf atas cuitan yang berisi foto Anies memakai baju adat suku Dani.

"Nggak (ada teguran), mereka tahu pribadi saya. Karena sebenarnya nggak ada yang salah dari saya, tapi karena dibilang minta maaf, saya minta maaf, kan begitu saja," imbuhnya.

Simak juga Video: Ruhut Dilaporkan Dugaan Rasis, Polda Metro Segera Periksa Saksi

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dek)