Prihatin Sampah di Sungai Ciliwung, Kapolres Bogor Edukasi Warga Olah Limbah

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 12:24 WIB
Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin
Kapolres Bogor Iman Imanuddin (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Kapolres Bogor AKPB Iman Imanuddin prihatin atas banyaknya sampah di aliran hulu Sungai Ciliwung. AKBP Iman pun memberikan edukasi kepada warga tentang pengolahan limbah guna mengurangi sikap buang sampah sembarangan.

AKBP Iman mengatakan banyak sampah yang dia temukan di aliran Sungai Ciliwung. Iman pun menggerakkan jajarannya melakukan aksi nyata membersihkan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor.

Giat Mungut Sampah Polres BogorKegiatan Mungut Sampah Polres Bogor (Foto: dok. Polres Bogor)

Iman mengatakan Polres Bogor pernah melakukan kegiatan 'Mungut Sampah' di aliran hulu Sungai Ciliwung pada 8 Maret lalu. Hasilnya, ditemukan sampah ratusan karung. Kegiatan ini pun terus mereka galakkan, termasuk mengedukasi warga.

"Ada hal yang harus kami lakukan dalam upaya mengedukasi masyarakat supaya lebih peduli lagi pada kondisi sungai ini. Kami akan memberikan imbauan-imbauan, kemudian meletakkan papan peringatan di sepanjang Sungai Ciliwung agar masyarakat tahu betapa pentingnya kita harus merawat Ciliwung ini," ujar Iman kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Dalam kegiatan ini, Iman menggandeng sejumlah elemen masyarakat dari kecamatan dan para pegiat lingkungan. Menurut Iman, selain melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga, pihaknya bersama Forkopimcam dan pegiat lingkungan akan mengedukasi tentang cara memberdayakan limbah barang bekas.

"Kami dari Polres Bogor beserta warga dan para penggiat lingkungan, termasuk Karang Taruna, juga ormas, berupaya ingin mewujudkan Ciliwung Nanjung. Kami melihat di Sungai Ciliwung ini sampahnya lebih dominan dari sampah masyarakat atau rumah tangga. Kalau tidak segera dibersihkan, akan sangat panjang waktu penguraiannya. Sampah plastik bisa ratusan tahun. Jadi coba kita bersihkan, kemudian nanti dibakar dengan alat pembakaran yang sudah disediakan. Drum atau seng dijadikan alat pembakar sampah termasuk salah satunya itu ya terobosannya," jelas Iman.

Giat Mungut Sampah Polres BogorLimbah yang diolah jadi barang bermanfaat (Foto: dok. Polres Bogor)

Selain menyoroti masalah sampah, Iman menyoroti pembangunan vila liar yang berdiri di sepanjang sungai. Iman mengatakan Pemkab Bogor sudah berupaya menertibkan melalui Satpol PP.

"Karena tidak sesuai dengan ketentuan batas sempadan sungai, itu sudah ditertibkan sebagaimana dilihat, ya. Namun, karena panjangnya sungai ini, tentunya teman-teman dari Satpol PP membutuhkan waktu hingga tertib seluruhnya," ucapnya.

(zap/hri)