Razia Izin Tempat Hiburan di Jaksel, Polisi Temukan Miras Pakai Cukai Palsu

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 03:08 WIB
Jakarta -

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Pemda DKI menggelar razia ke sejumlah tempat hiburan di Jakarta Selatan. Polisi menemukan minuman keras (miras) menggunakan cukai palsu.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander mengatakan razia ini menyusul adanya keluhan dari masyarakat. Dia menyebut banyak tempat hiburan yang berdiri di tengah permukiman dan disinyalir cacat secara administrasi perizinan.

"Ini juga menyikapi keluhan masyarakat di mana beberapa lokasi tempat hiburan terletak di pemukiman masyarakat sehingga masyarakat terganggu di mana musik masih hingar bingar. Ini yang kita tertibkan," kata Dony di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2022).

Ada enam tempat hiburan yang dirazia aparat gabungan hari ini. Enam tempat itu mulai dari PENN, Brotherhood, Hollywings, MsJackson, Zodiac, The Cokctail Club, hingga A/A Bar yang semuanya berlokasi di Gunawarman dan Senopati, Jakarta Selatan.

Dari enam tempat hiburan itu, sejumlah pelanggaran ditemukan petugas. Jenis pelanggaran itu mulai dari persoalan perizinan hingga batas kapasitas pengunjung.

"Dari beberapa titik kita cek ada yang kita lakukan penindakan disegel sementara dan kami lakukan police line tempat tersebut. Itu karena salahi beberapa aturan yang terkait tidak memiliki surat tanda usaha pariwisata dan melebihi kapasitas pengunjung yang hadir," katanya.

Perwakilan dari Bea Cukai juga dilibatkan dalam razia hari ini. Hasilnya, sejumlah tempat hiburan didapati menyediakan minuman alkohol yang menggunakan cukai palsu.

"Beberapa temuan dari Bea Cukai minuman beralkohol yang disinyalir menggunakan cukai palsu," jelas Dony.

Dua Tempat Hiburan Disegel

Dony menambahkan dari kegiatan razia hari ini, setidaknya ada dua tempat hiburan yang disegel. Dua tempat itu bernama Zodiac dan The Cokctail Club di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan.

Kedua lokasi itu disegel usai menyalahi aturan perizinan hingga cukai palsu terkait penyediaan minuman alkohol. Tempat hiburan itu akan disegel dalam waktu tiga hari ke depan.

"Ada dua tempat yang kita segel. Pertama itu Zodiac dan TCC kira liat bersama dilakukan penyegelan sementara ini menyikapi kekurangan atau temuan yang kita hadapi seperti kapasitas sangat ramai," jelas Dony.

"Kita segel dari Satpol PP segel sementara terkait perizinan dan jumlah kapasitas. Tadi juga ditemukan beberapa minuman keras tidak menggunakan cukai asli yang dikategorikan ilegal," tambahnya.

Dony mengatakan pemantauan kepada perizinan tempat hiburan akan terus digencarkan oleh pihak kepolisian dan Pemda DKI. Dia meminta tiap pengusaha tempat hiburan untuk mengikuti tiap aturan perihal pendirian tempat usaha hiburan di Jakarta.

"Ini yang harus kami sampaikan kepada pengusaha hiburan atau restoran di wilayah Senopati dan Gunawarman untuk segera lengkapi surat izin terkait dengan usaha. Dan juga menjual minuman yang mana menggunakan cukai asli dan tidak ada yang palsu," pungkas Dony.

(ygs/isa)