Jadi Sorotan, Nama Banten International Stadium Akan Disesuaikan ke UU

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 18:23 WIB
Banten International Stadium (BIS) rencananya akan diresmikan Senin (9/5/) besok. Sejumlah acara dan kegiatan bakal disajikan saat peresmian Banten International Stadium.
Banten International Stadium (BIS) (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyatakan nama Banten International Stadium (BIS) masih memungkinkan diubah setelah disorot karena menggunakan bahasa asing. Dia mengatakan nama BIS akan disesuaikan berdasarkan perundang-undangan.

"Pada prinsipnya kita akan mengacu pada peraturan perundang-undangan itu, karena kita melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan. Nanti kita cek, kalau belum sesuai kita sesuaikan," kata Al Muktabar kepada wartawan di Serang, Jumat (13/5/2022).

Dia mengatakan Pemprov Banten akan menyesuaikan penamaan BIS berdasarkan aturan yang berlaku, yakni UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan Peraturan Presiden (Perpres) 63 Tahun 2019.

"Yang jelas international itu sudah ada bahasa kamus Bahasa Indonesia, internasional. Mungkin masalah tulisan, nanti kita cek," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadis Perumahan Rakyat dan Permukiman Banten, M Rahmat Rogianto, menambahkan nama BIS digunakan untuk saat ini sebagai penanda bahwa stadion ini memiliki standar internasional. Bisa saja, nanti menggunakan nama baru menggunakan bahasa lokal atau bahasa Indonesia.

"Sementara namanya itu dulu, untuk memperlihatkan itu standar internasional dan lain sebagainya. Dan nanti akan mengadopsi nama lokal bisa saja nanti," ujar Rahmat.

Menurutnya, saat ini Pemprov Banten sedang menyiapkan Peraturan Gubernur dan aturan turunan lain untuk pengelolaan BIS. Sejauh ini klub-klub sepak bola masih penjajakan dan belum ada kesepakatan menggunakan BIS sebagai markas.

"Mudah-mudahan tahun ini, karena pemeliharaan kan sampai 2023," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.