ADVERTISEMENT

PKB Pikir-pikir Gabung Koalisi Indonesia Bersatu: Belum Ada Figurnya

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 17:42 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Waketum PKB Jazilul Fawaid (Foto: dok. MPR RI)
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu dibentuk oleh para ketua umum dari Partai Golkar, PPP, dan PAN menjelang Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menekankan PKB masih menimbang-nimbang untuk bergabung.

"Kita timbang-timbang dengan matang. Sebab, belum kelihatan figur dan agenda kerjanya," kata Jazilul saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Meski demikian, Jazilul mengapresiasi adanya koalisi yang mulai terbentuk untuk Pemilu 2024. Menurutnya, ini menjadi tanda Pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga paslon.

"Saya apresiasi tiga partai yang duduk bareng. Bagian dari tugas partai untuk melahirkan pemimpin. Makin jelas Pilpres 2024 akan diikuti minimal tiga pasang calon. Tentu akan membuat pilpres makin seru dengan alternatif pilihan yang akan menghalau meruncingnya politik identitas," ucapnya.

Syarat Koalisi dengan PKB

Senada dengan Jazilul, Ketua DPP PKB Daniel Johan juga menilai Koalisi Indonesia Bersatu baik adanya. Dia juga memastikan PKB masih terbuka untuk berkoalisi dengan siapa pun.

"Bagus, kita sambut baik, saat ini formasi koalisi masih sangat terbuka, PKB selalu terbuka dan tidak menutup kemungkinan yang ada, tapi finalnya kan akan ditentukan oleh formasi pasangan capres nanti," ujarnya.

Anggota Komisi IV DPR ini juga menyebut semua koalisi yang mungkin akan terbentuk pada 2024 menarik untuk dijajaki. Meski begitu, menurutnya, PKB masih tetap berpegang pada syarat Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai capres jika ingin berkoalisi.

"Semua formasi koalisi akan menarik, tapi PKB juga akan mendengarkan masukan-masukan dari basis. Belum bisa disimpulkan, masih terus dikonsultasikan. Sejauh ini (Cak Imin capres) itu harapan dan amanah basis yang akan kita perjuangkan, basis ingin Cak Imin maju sebagai capres," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT