Senior PDIP Nilai Koalisi Indonesia Bersatu Berharap Jadi Game Changer

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 17:35 WIB
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Golkar, PPP, dan PAN sepakat membentuk Koalisi Indonesia Bersatu menuju Pemilu 2024. Senior PDIP Hendrawan Supratikno punya penilaian tersendiri soal Koalisi Indonesia Bersatu.

"Koalisi dalam perpolitikan di Indonesia sifatnya temporal, lebih digerakkan kepentingan atau target jangka pendek, dan mudah berubah seturut masalah yang dijadikan pokok kesepakatan. Kami lihat koalisi yang terbentuk saat ini untuk mengamankan tiket pilpres," kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (13/4/2022).

Berdasarkan laman KPU, hasil Pemilu 2019 Partai Golkar memperoleh 12,15 persen suara, PAN 6,74 persen, sedangkan PPP 4,51 persen, sehingga total perolehan suara koalisi ini 23,4 persen, melampaui presidential threshold 20 persen.

"Dengan memenuhi persyaratan ambang pencalonan, posisi tawar meningkat, dan suara mereka lebih didengar, karena bisa mengajukan nama yang akan diusung," ujarnya.

Di sisi lain, Hendrawan juga menerka Koalisi Indonesia Bersatu bentukan Golkar, PAN, dan PPP, ingin punya peran pada 2024. Peran yang dimaksud Hendrawan adalah koalisi Golkar, PAN, PPP, bisa menentukan hasil akhir pada 2024.

"Dengan berkoalisi, ada isyarat tiga partai tersebut ingin masuk bursa pilpres dan berharap jadi 'game changer' perhelatan politik 2024," imbuhnya.

Airlangga Minta Kader Golkar Susun Strategi Pemenangan

Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN Zulhas dan Ketum PPP Suharso Monoarfa membentuk koalisi yang dinamakan 'bertiga bersatu'. Airlangga meminta para kader Golkar menyusun strategi pemenangan dalam Pemilu 2024.

"Seluruhnya (strategi pemenangan), terutama mengawal keberhasilan program pembangunan Bapak Jokowi sampai 2024, pada hal yang sama kita mengawal untuk proses pemilu yang sudah diagendakan," ujar Airlangga kepada wartawan saat konferensi pers, Kamis (12/5).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: