Penculik 12 Anak Ngaku Beraksi di Bogor-Jakarta-Tangsel, Rampas HP Korban

Rizky Adha Mahendra, M Solihin - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 09:57 WIB
Polisi merilis penangkapan tersangka penculikan anak di Bogor hingga Jaksel, Kamis (12/5/2022).
Polisi merilis penangkapan pelaku penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta. (Solihin/detikcom)
Jakarta -

Polisi membeberkan kejahatan tersangka penculikan bocah di Bogor hingga Jaksel, Abi Rizal Afif (28). Hasil pemeriksaan diketahui tersangka juga merampas ponsel para korbannya.

"Pelaku melakukan aksinya dengan cara memutar, mencari anak-anak yang sedang berkumpul. Dari pengakuan pelaku, sebanyak 12 HP sudah dia jual kepada F alias D," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Jumat (13/5/2022).

Iman mengatakan tersangka menjual ponsel para korban itu dengan harga Rp 1 juta ke atas. Tersangka sudah melakukan modus operandi penculikan ini sebanyak 12 kali.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, dia menjual HP itu dengan harga rata-rata Rp 1 juta ke atas dan sudah 12 kali melakukan modus serupa," imbuhnya.

Iman lalu memerinci tersangka pernah menculik lima anak di Jaksel berikut merampas 1 HP, 3 anak di Jakpus plus 2 HP, 1 anak di Kemang, Jaksel plus 1 HP; 2 anak di Ragunan, Jaksel, plus 1 HP, dan 1 anak di Tangsel plus 1 HP.

Senada dengan Kapolres, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan juga mengatakan tersangka mengaku sudah menculik 12 anak di Jakarta, Bogor, dan Tangerang Selatan.

"Jadi pengakuan tersangka itu, dia beroperasi mulai kurun waktu mulai awal bulan Ramadan. Itu dia berhasil menculik 12 orang anak dengan menggunakan modus razia masker," kata Siswo.

Catatan Kriminal Tersangka

Iman juga mengungkap catatan kriminal tersangka. Abi Rizal Afif pernah berstatus tersangka kasus penipuan di wilayah Depok, Jawa Barat.

"Dari data yang kami temukan, Saudara Rizal ini pernah menjadi tersangka tindak pidana 378 atau penipuan di daerah Depok," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di Polres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kamis (12/5/2022).

Baca di halaman selanjutnya: polisi selamatkan 10 anak Jaksel hingga Jakbar dari penguasaan tersangka.