Golkar-PAN-PPP Koalisi Pemilu 2024, Suharso: Lebih Awal-Lebih Cantik

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 23:13 WIB
Suharso, Airlangga dan Zulhas
Suharso, Airlangga dan Zulhas (Foto: Dok. Humas Golkar)
Jakarta -

Pertemuan antara tiga ketua umum (ketum) partai politik Airlangga Hartarto dari Golkar, Zulkifli Hasan (Zulhas) dari PAN, serta Suharso Monoarfa dari PPP, menghasilkan koalisi 'bertiga bersatu'. Koalisi itu dinilai menjadi langkah awal untuk bekerja sama dalam Pemilu 2024.

"Kita ingin menunjukkan atau mendemonstrasikan sebuah kerja sama yang jauh lebih awal dan lebih cantik itu antarsesama partai politik untuk saling mengisi dan untuk saling memperkuat," ujar Suharso kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Dia berharap terbentuknya koalisi itu dapat mencegah adanya politik identitas di masyarakat saat Pemilu 2024. Di samping itu, Suharso ingin menunjukkan Indonesia dapat menampilkan ajang Pemilu yang sehat.

"Supaya tidak terulang lagi dalam pemilu-pemilu yang akan datang karena sebagai bangsa yang besar kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa kita juga bisa dengan sukacita melaksanakan pemilu dengan baik," kata Kepala Bappenas itu.

Suharso mengatakan Golkar-PAN-PPP saat ini sama-sama berada di koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia ingin koalisi Golkar-PAN-PPP bisa melanjutkan pembangunan pada tahun 2024.

"Kami memang adalah koalisi dari pemerintahan saat ini, tentu kami ingin memastikan seluruh perjalanan pertanggungjawaban yang harus diemban pemerintah masa kita harus selesai dengan tuntas dan dengan baik melahirkan legasi-legasi bagi rakyat dan bangsa sampai dengan masa jabatan 2024 ini. Dan tentu banyak hal yang baik dan bagus yang patut untuk dilanjutkn di masa yang akan datang," katanya.

"Jadi kami bertiga juga ingin memastikan keberlanjutan pembangunan itu untuk kepentingan seluruh rakyat dan seluruh bangsa dan negara," jelasnya.

Sementara itu, Zulhas berpandangan koalisi itu dapat menampung dan merumuskan gagasan untuk mewujudkan masyarakat yang berdaulat. Zulhas menilai koalisi 'bertiga bersatu' dapat memantik partai politik lainnya untuk saling bekerja sama.

"Untuk merumuskan gagasan-gagasan agar Indonesia sebagai mana dicita-citakan menjadi negara yang bersatu, yang bersatu kita berdaulat. Yang berdaulat itu kita bisa menjadi negara maju," katanya.

"Itulah gagasan yang kita bangun Golkar PPP dan PAN mudah-mudahan ini jadi awal bagi nanti teman-teman lain," sambugnya.

Simak video 'Koalisi 'Bertiga Bersatu' Golkar-PAN-PPP Menuju Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya pada halaman berikut.