Koalisi dengan PAN-PPP, Airlangga Minta Kader Golkar Susun Strategi Pemenangan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 22:53 WIB
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso Monoarfa membentuk koalisi politik yang dinamakan 'bertiga bersatu'. Airlangga meminta para kader Golkar menyusun strategi pemenangan dalam Pemilu 2024.

"Seluruhnya (strategi pemenangan), terutama mengawal keberhasilan program pembangunan Bapak Jokowi sampai 2024, pada hal yang sama kita mengawal untuk proses pemilu yang sudah diagendakan," ujar Airlangga kepada wartawan saat konferensi pers, Kamis (12/5/2022).

Instruksi tersebut dialamatkan kepada seluruh kader Golkar mulai dari tingkat nasional hingga daerah. Kader Golkar diminta untuk menjalin kerja sama politik dengan PAN dan PPP.

"Meminta dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran Partai Golkar, baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten, dan kota untuk menindaklanjuti pertemuan ini dengan juga kerja sama, baik dengan PAN maupun PPP," terang Airlangga.

Dia berharap koalisi 'bersatu bertiga' itu dapat mendorong persatuan di Tanah Air. Selain itu, mengurangi dampak dari politik identitas.

"Karena kita akan mendorong persatuan dan kita akan menegasikan risiko-risiko akibat daripada politik identitas," ucapnya.

Golkar-PAN-PPP Bikin Koalisi 'Bersatu Bertiga'

Seperti diketahui, Ketum Golkar, Airlangga Hartarto, bertemu dengan Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP, Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat. Ketiganya sepakat membentuk koalisi politik untuk ajang Pemilu 2024.

Airlangga mengatakan pertemuan itu mendorong Golkar, PAN serta PPP untuk bersatu. Dalam artian, ketiga partai itu akan bekerja sama dalam Pemilu 2024.

"Pertemuan ini tentu akan mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja sama bersama atau akan bersatu," ucap Airlangga Hartarto kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

"Jadi ini merupakan kumpulan pengalaman bersama. Tentunya kita akan bekerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan, termasuk dalam Pemilu nanti di 2024," sambung Menko Perekonomian tersebut.

Airlangga mengungkap nama koalisi itu 'bertiga bersatu'. Bertiga yang bersatu itu, kata Airlangga, adalah beringin, matahari, dan Ka'bah seperti logo ketiga partai.

"Jadi insyallah namanya bertiga bersatu, jadi bertiga bersatu, bersatunya itu adalah beringin, matahari, dan Ka'bah," jelasnya.

(rak/dek)