Eks Napiter Penculik 12 Bocah Ternyata Pembakar Rumah Almarhum Uje!

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 22:40 WIB
Abbi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi
Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap Abi Rizal Afif (28), tersangka kasus penculikan bocah asal Bogor dan Jakarta Selatan. Belakangan diketahui tersangka adalah mantan narapidana kasus terorisme.

Rizal Afif ditangkap di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) sore tadi. Rizal Afif ini ditangkap atas kasus penculikan bocah asal Bogor, F (11), dan bocah asal Jaksel, K (12).

Dalam penangkapan tersangka itu, polisi juga menyelamatkan 10 anak yang diduga juga jadi korban penculikan Rizal Afif. Ke-10 anak ini berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Hasil pemeriksaan, tersangka mengaku sudah 12 kali melakukan penculikan anak. Selain di Jakarta dan Bogor, tersangka pernah menculik anak di Tangerang Selatan.


Tersangka Eks Napiter

Hasil pemeriksaan polisi terungkap bahwa Rizal Afif ini adalah mantan narapidaa kasus terorisme. Dia juga baru keluar dari Lapas Gunungsindur pada Februari 2022 setelah divonis di kasus terorisme.

"Terhadap yang bersangkutan, kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah 3 kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5).

Selain 2 kasus pidana terorisme, tersangka Abi Rizal Afif pernah terlibat kasus pidana penipuan di Depok, Jawa Barat. Imam menyebutkan tersangka Abi Rizal Afif juga mengaku pernah mengikuti pelatihan perang di Poso.

"Yang bersangkutan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso selama 7 bulan. Kami akan bekerjasama dengan Densus 88 untuk melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap kasus ini," kata Imam.

Abi Rizal Afif ini tercatat sebagai warga Bojongsari, Depok. Ketua RT setempat, Muhammad Ahyarudin, membenarkan Rizal Afif adalah warganya.

Dikatakan Ahyarudin, Rizal sempat tinggal di wilayahnya mengikuti kakak dari orang tua. Namun, lebih dari 5 tahun sosoknya tak terlihat.

"Dia dari masih kecil di sini. Sebelum saya menjabat dia pun sudah tinggal di sini, yaitu dengan mengikuti uwanya. Semenjak kejadian Uje, ngambil HP, ngambil gas, sudah hilang begitu saja," papar Ahyarudin.

Baca di halaman selanjutnya: Rizal Afif pernah bakar rumah Umi Pipik di Pondok Indah