Duh! Pantai Sepanjang 17 Km di Pesisir Pandeglang Keruh Penuh Lumpur

Aris Rivaldo - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 22:17 WIB
Pantai sepanjang 17 Km di Pagelaran- Pandeglang berwarna keruh. Air pantai berubah menjadi coklat karena dipenuhi lumpur.
Foto: Aris Rivaldo/detikcom
Pandeglang -

Sepanjang Pantai Karoeng sampai Pantai Citeureup Pagelaran-Pandeglang kondisinya dipenuhi dengan lumpur. Air pantai berubah warna menjadi cokelat.

Berdasarkan pantauan di Pantai Karoeng, Kamis (12/5/22), air pantai berwarna cokelat terhampar sepanjang sekitar 17 km. Akibatnya, pantai tersebut tidak elok untuk dipandang.

Salah satu pedagang, Masbarno, mengatakan lumpur tersebut berasal dari dasar laut yang terbawa arus air. "Lumpur dari dasar laut ke bawa ke pinggir, dasar laut banyak lumpur," katanya kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Masbarno mengatakan kondisi pantai keruh ini sudah lama terjadi. Ditambah adanya PLTU Labuan.

"Lumpur dari dulu sudah ada, tapi cepat hilang karena belum ada bendungan PLTU," ungkapnya.

Menurutnya, air pantai yang tercemari lumpur cepat hilang. Namun, setelah ada PLTU, lama hilangnya.

"Tadinya ini lumpur nggak lama adanya, berhubungan ada bangunan PLTU, jadi lumpur hanya ngendak di sini aja," terangnya.

Pedagang Merugi

Kondisi pantai yang keruh itu menyebabkan pedagang merugi lantaran sepi pengunjung. Salah satu pedagang bakso bernama Eneng mengatakan pengunjung kembali pulang saat melihat kondisi pantai keruh.

"Rugi atuh ini mah, nggak ada pengunjung yang beli, paling yang beli sekitaran warga sini ajah. Pengunjung datang kan yang di lihat laut dulu. Kalau lihat lautnya jelek yah pulang lagi," katanya.

Sementara salah satu pedagang kopi lainnya, Masbarno, mengatakan kondisi sepi pengunjung sudah lama terjadi. Menurutnya di objek wisata lain sudah mulai ramai.

"Di sini sudah 3 tahun sepi pengunjung sejak tsunami dan Corona. Harusnya tahun ini ramai, tapi malah nggak," katanya.

(idn/idn)