ADVERTISEMENT

Apa Itu Pj Gubernur dan Apa Kewenangannya? Cek Penjelasannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 12:32 WIB
Apa itu Pj Gubernur? Penjabat (Pj) berhubungan dengan Pemerintahan Daerah. Penjabat (Pj) memiliki arti yang berbeda dengan kata pejabat yang sering kita dengar.
Apa Itu Pj Gubernur? Cek Penjelasannya di Sini (Foto: Tangkapan Layar YouTube Kemendagri)
Jakarta -

Apa itu Pj Gubernur? Penjabat (Pj) merupakan sebuah istilah yang berhubungan dengan Pemerintahan Daerah. Penjabat (Pj) memiliki arti yang berbeda dengan kata pejabat yang sering kita dengar.

Lantas, apa sebenarnya arti dari Pj Gubernur? Apa saja wewenang yang dimiliki Pj Gubernur? Simak informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

Apa Itu Pj Gubernur? Ini Bedanya dengan Pejabat

Penjabat (Pj) berkaitan dengan posisi yang dipegang seseorang. Melansir dari situs Pemerintah Kabupaten Bone, Penjabat adalah orang yang melakukan jabatan orang lain untuk sementara, sementara Pejabat adalah pegawai pemerintah yang memegang jabatan penting.

Oleh karena itu, orang yang memegang jabatan tetap disebut Pejabat. Sebaliknya, orang yang memangku jabatan dalam waktu sementara disebut Penjabat, sehingga memiliki nama lain penjabat sementara yang disingkat Pjs.

Dapat disimpulkan, bahwa Pj gubernur adalah seseorang yang memegang jabatan Gubernur untuk sementara waktu. Pj Gubernur dipilih ketika kepala daerah telah memasuki masa akhir jabatan, tetapi pilkada belum digelar.

Apa Saja Wewenang Pj Gubernur?

Apa itu Pj Gubernur? Pj Gubernur dipilih untuk mengisi kekosongan posisi Gubernur sementara waktu. Menurut situs Setkab RI, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana melalui Surat Nomor K.26-30/V.100-2/99 menegaskan hal yang tidak boleh dilakukan seorang Penjabat, termasuk Pj Gubernur, di antaranya:

  1. Dilarang melakukan mutasi pegawai yang berupa pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dalam/dari jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN)
  2. Dilarang membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya dan/atau mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya
  3. Dilarang membuat kebijakan tentang pemekaran daerah yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya
  4. Dilarang membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya
  5. Dilarang mengambil atau menetapkan keputusan yang memiliki akibat hukum (civil effect) pada aspek kepegawaian.

Larangan-larangan tersebut dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri. Seorang Pj Gubernur hanya diizinkan memiliki wewenang pada hal sebagai berikut.

Mengambil atau menetapkan keputusan yang memiliki akibat hukum (civil effect) pada aspek kepegawaian tanpa mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri yang antara lain berupa pengangkatan CPNS/PNS, kenaikan pangkat, pemberian ijin perkawinan dan perceraian, keputusan disiplin selain yang berupa pembebasan dari jabatan atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai pegawai negeri sipil, dan pemberhentian dengan hormat/tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil selain karena dijatuhi hukuman disiplin.


Mendagri Tito Lantik 5 Pj Gubernur

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik lima Penjabat (Pj) Gubernur. Kelima Pj Gubernur itu akan bertugas di Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Kemendagri, Kamis (12/5/2022). Berikut lima Penjabat Gubernur yang dilantik Tito hari ini:

  1. Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten
  2. Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung
  3. Hamka Hendra Noer sebagai Pj Gubernur Gorontalo
  4. Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat
  5. Komjen (Purn) Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Lewat Keppres yang dibacakan, para Penjabat Gubernur akan menjabat selama 1 tahun. Setelah pembacaan Keppres, para Penjabat Gubernur mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

Apa itu Pj Gubernur? Pj Gubernur adalah seseorang yang memegang posisi kepala daerah untuk sementara waktu. Posisi Pj dipilih saat kepala daerah sudah memasuki masa akhir jabatan, tetapi belum dilakukan pilkada.

Simak Video 'Tito Ingatkan 5 Pj Gubernur yang Baru Dilantik Cuma Menjabat 1 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT