Profil Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Pernah Diberhentikan Wahidin

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 14:02 WIB
Sekda Banten Al Muktabar
Al Muktabar (Foto: Pemprov Banten)
Jakarta -

Nama Sekda Banten Al Muktabar disebut akan menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Banten setelah masa jabatan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy selesai pada 12 Mei besok. Muktabar pernah dinonaktifkan oleh gubernur dan sempat menjadi staf lalu menggugat ke PTUN .

Catatan detikcom, Muktabar dilantik jadi Sekda berdasarkan SK Presiden 52/TPA tahun 2019. Tiba-tiba ia dikabarkan mengundurkan diri pada Agustus 2021 yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Komarudin.

Posisi Sekda sendiri lalu diganti oleh seorang Plt yang dijabat Muhtarom. Komarudin mengatakan bahwa Muktabar masih aktif di Banten tapi menjadi staf di BKD bidang umum. Penurunan jabatan ini sambil menunggu keputusan pengunduran diri Sekda diterima oleh Kemendagri dan presiden.

"Jadi setelah mengajukan mundur dari jabatan Sekda, berarti bukan Sekda lagi tapi sebagai ASN masih melekat. Nah, berarti kan statusnya staf biasa," kata Komarudin pada Oktober 2021 lalu.

Pada Februari 2022, Muktabar kemudian melakukan perlawanan ke PTUN terkait surat keputusan gubernur yang memberhentikannya dari jabatan Sekda. Kepada wartawan ia menyatakan tidak pernah menyatakan mengundurkan diri.

"Berbagai pertimbangan sangat berat dan mohon maaf fakta-fakta tersebut belum dapat saya sampaikan," ujar Muktabar menyampaikan soal kontroversi jabatannya pada Kamis (17/2) lalu.

Di tengah gugatan di PTUN, Gubernur Wahidin mengeluarkan pernyataan dan menarik surat usulan pengunduran diri Muktabar dari Kemendagri. Ia menerima permohonan maaf Muktabar dan jabatannya dikembalikan menjadi Sekda Banten.

"Menyampaikan permohonan maaf dan permohonan untuk bisa diterima kembali sebagai Sekretaris Daerah dan siap berjanji memindahkan status kepegawaian ke Provinsi Banten dan bekerja dengan penuh tanggung jawab," kata Wahidin pada Senin (21/2) lalu.

Wahidin mengatakan kontroversi jabatan Sekda agar jangan dijadikan komoditas politik. Warga Banten juga diminta untuk tetap tenang karena masalah jabatan Sekda sudah selesai.

Muktabar Jadi Pj Gubernur Banten

Nama Muktabar dikonfirmasi menjadi Pj Gubernur Banten yang dikonfirmasi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Banten Gunawan Rusminto. Pelantikan akan dilaksanakan besok di Kementerian Dalam Negeri.

"Insya Allah Pak Sekda (Al Muktabar)," Gunawan kepada detikcom, Rabu (11/5/2022).

Surat keputusan Al Muktabar sebagai Pj Gubernur memang belum bisa diambil oleh Pemprov Banten. Rencananya, besok akan diserahkan setelah pelantikan.

"SK belum bisa diambil oleh kami, akan diserahkan besok saat setelah pelantikan Pj Gubernur," ujarnya.

Simak juga Video: Sosok Desboy, Pelindung Anak Jalanan Tanah Merah

[Gambas:Video 20detik]



(bri/isa)