Sindiran Hakim Saat Siwi Widi Lupa: Diperiksa KPK, Pasti Saudara Ingat Itu!

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 20:55 WIB
Pramugari Siwi polisikan akun @digeeembok (Jefrie/detikcom)
Siwi Widi Purwanti (Dok. detikcom)
Jakarta -

Mantan pramugari Siwi Widi Purwanti disindir tajam oleh hakim ketua dalam sidang kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan pegawai Diten Pajak Wawan Ridwan, Fahzal Hendri. Siwi mendapat sindiran tajam karena mengaku lupa saat ditanya terkait hubungannya dengan putra Wawan Ridwan, M Farsha Kautsar.

Pantauan detikcom di Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022), Siwi Widi hadir sebagai saksi sidang kasus TPPU Wawan Ridwan. Siwi awalnya ditanya soal uang ratusan juta rupiah yang diberikan Farsah pada 2019.

"Iya (ditransfer Farsha Rp 647 juta) untuk kepentingan saya," kata Siwi menjawab hakim Fahzal.

Siwi juga mengaku tidak mengetahui asal-muasal uang yang dikirim Farsha. Dia mengaku tak curiga soal asal uang itu karena, menurutnya, Farsha kerap bercerita tentang kehidupan mewahnya.

"Farsha selalu bercerita tentang kehidupannya, yang menurut saya, biasa untuk mengeluarkan sejumlah uang itu. Jadi saya tidak ada keraguan atau kecurigaan," ucap Siwi.

Kemudian hakim bertanya kepada Siwi perihal hubungan dengan Farsha yang berjalan hanya 3 bulan, dari April 2019 hingga Juni 2019. Namun Siwi mengaku lupa saat ditanya soal pemblokiran nomor handphone.

"Jadi diblok nomor Saudara? Atau nomor dia yang Saudara blok?" tanya hakim Fahzal.

"Sudah lupa, Yang Mulia," jawab Siwi.

Jawaban 'lupa' tersebutlah yang memantik hakim Fahzal memperingatkan Siwi. Fahzal menjamin Siwi pasti ingat saat diperiksa KPK hingga jadi saksi dalam persidangan kasus korupsi.

"Lupa? Peristiwanya baru, sehingga Saudara sebagai saksi di persidangan perkara tipikor bukan hal yang gampang dilupakan. Hal-hal yang remeh-temeh gampang dilupakan. Tapi, hal yang membuat saudara diperiksa penyidik KPK kemudian disidangkan di sidang tipikor, itu hal yang luar biasa, mungkin itu sekali dalam hidup, pasti Saudara ingat itu," tegas hakim Fahzal.

Siwi lalu meminta maaf. Dia kembali menyebut kejadian dikasih kasih uang oleh Farsha terjadi pada 2019.

"Maaf, Yang Mulia, pada saat itu saya tidak tahu ada pemanggilan. Waktu itu 2019, pemanggilan tahun 2021," kata Siwi.

Dalam sidang ini, duduk sebagai terdakwa adalah mantan Kabid Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kanwil Ditjen Pajak Sulselbartra Wawan Ridwan. Wawan didakwa melakukan TPPU bersama anaknya M Farsha Kautsar.

Wawan dan anaknya disebut jaksa menyembunyikan uang dengan menempatkan uang ke sejumlah tempat. Salah satunya mentransferkannya ke Siwi Widi dan sejumlah orang lainnya.

Simak juga 'Siwi Widi Kembalikan Rp 647 Juta ke KPK, Hasil TPPU Eks Pejabat Pajak':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zak)