ADVERTISEMENT

Desak Batalkan Tender, Elite PKB Cerita Ganti Gorden Rumdin DPR Rp 30 Juta

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 17:52 WIB
Sekretaris Bidang Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim (Dok. istimewa)
Luqman Hakim (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim meminta pengadaan gorden untuk rumah dinas (rumdin) anggota DPR dengan total biaya Rp 43,5 miliar yang dianggarkan oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR dibatalkan. Luqman meminta pengadaan gorden rumdin DPR dibatalkan meski sudah ada pemenang tender.

"Selama pihak Kesekjenan DPR tidak dapat memberi penjelasan detail spesifikasi gorden yang akan diadakan, saya minta proyek pengadaan gorden rumah dinas DPR tahun ini dibatalkan, meskipun sudah ada perusahaan yang ditetapkan sebagai pemenang tender," kata Luqman saat dihubungi, Selasa (10/5/2022).

Luqman menegaskan nihilnya penjelasan rasional dari Setjen terkait gorden puluhan miliar rupiah itu hanya akan memperburuk penilaian masyarakat terhadap DPR. Dia meyakini tak sedikit anggota Dewan yang merasa malu terkait gorden kontroversial itu.

"Tanpa penjelasan yang masuk akal kepada masyarakat, proyek gorden rumah dinas DPR itu hanya menambah penilaian negatif masyarakat kepada DPR. Saya yakin banyak teman anggota DPR yang merasa malu masalah gorden ini jadi kontroversi negatif di tengah masyarakat," kata Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB itu.

"Sekali lagi, jika tidak ada penjelasan yang masuk rasionalitas publik, batalkan saja proyek gorden itu," imbuhnya.

Tak hanya itu, anggota Komisi IX DPR RI ini juga mengaku telah mengganti sendiri gorden rumdin yang dia tempati sejak 2020. Menurutnya, gorden miliknya hanya memakan ongkos Rp 30 juta, di bawah angka yang dianggarkan Setjen DPR.

"Rumah dinas yang saya gunakan tidak perlu diganti gordennya karena sudah saya ganti sendiri dengan biaya saya sendiri pada 2020. Hanya satu kamar di rumah dinas saya yang belum saya ganti. Sekedar informasi, dari seluruh penggantian gorden di rumah dinas saya, minus 1 kamar, total biaya yang saya keluarkan hanya sekitar Rp 30 juta," katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Imbas Gorden Rp 43,5 M, Sekjen DPR Dipanggil Ketua BURT':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT