Menko Luhut soal Mudik 2022: Sangat Sukses tapi Jangan Jemawa

Eva Safitri - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 15:33 WIB
Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves)
Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Menko Marves)
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal kebijakan mudik 2022. Luhut menyebut mudik tahun ini berjalan sukses.

"Ya sangat sukses kalau saya bilang," kata Luhut dalam siaran pers virtual yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5/2022).

Namun Luhut meminta masyarakat tidak jemawa. Dia lantas mengambil contoh kasus di Amerika Serikat yang secara tiba-tiba naik 100 ribu kasus.

"Tapi kita nggak bisa jemawa dengan ini, seperti Amerika kasusnya bisa tiba-tiba 100 ribu kasus per hari, kemarin saya baru dari Amerika ya rame-rame kita kena Omicron di sana," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan pemerintah tetap akan memberlakukan PPKM Jawa-Bali sesuai arahan Presiden Jokowi. Luhut menganjurkan WFH dioptimalkan dua minggu ke depan.

"Jawa Bali kehati-hatian tetap kita perhatikan seperti tadi arahan presiden, kedua kita juga menganjurkan WFH 1-2 minggu ke depan ini, pengaturannya kita serahkan ke kantor. Ini dalam konteks kehati-hatian karena kita selama 2 minggu lebih begitu padat," ujarnya.

"Walaupun sampai hari ini kita belum melihat ada angka kenaikan tapi tetap kita hati-hati, jadi kalau nanti 2 minggu dari sekarang kita evaluasi membaik nanti kita tentukan langkah selanjutnya," lanjut Luhut.

(eva/tor)