Jalur Puncak Arah Jakarta Akan Diterapkan One Way Sore Nanti Jika Lalin Macet

Muchamad Sholihin - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 14:07 WIB
Situasi jalur Puncak Bogor siang ini
Situasi jalur Puncak Bogor siang ini. (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Polisi mengatakan lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor sempat mengalami kepadatan di sejumlah titik. Kondisi ini disebabkan masih ada aktivitas wisatawan dan kegiatan ekonomi masyarakat di kawasan Puncak.

"Jadi pagi lancar, lalu agak siangan sekitar pukul 10-an banyak yang naik lagi, jadi masih ada antrean, tapi masih arus biasa sih karena hari Senin kan biasanya banyak toko-toko kedatangan pengiriman barang, di pasar banyak datang barang, apalagi ditambah masih ada yang liburan, jadi lumayan tadi agak padat siang," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novian, Senin (9/5/2022).

Satlantas Polres Bogor, kata Ardian, sempat melakukan rekayasa lalu lintas berupa jalur satu arah atau one way sepenggal untuk menarik hambatan-hambatan yang terjadi di beberapa titik kemacetan. Kemacetan itu terjadi di Megamendung, Pasar Cisarua dan sekitar SPBU Tugu Selatan.

"Rekayasa besar nggak ada, hanya penarikan arus di sekitar Megamendung, Pasar Cisarua, hanya sepenggal-sepenggal, intinya one way sepenggal. Itu kan untuk memperlancar hambatan di titik-titik tertentu saja, di Pasar maupun di Megamendung," kata Ardian.

One Way Arah Jakarta Diterapkan Jika Lalin Macet

Hingga siang ini, lanjut Ardian, situasi lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor terpantau masih terjadi kepadatan. Antrean kendaraan masih terlihat akibat hambatan di Pasar Cisarua. Jika kondisi ini berlanjut, sistem one way akan diberlakukan untuk arah Jakarta pada sore nanti.

"Jadi secara umum arus kendaraan hari ini padat lancar. Volume memang padat tapi masih lancar, masih tetap bergerak terus, lancar. Tapi tetap kita akan lakukan tindakan, supaya lancar keseluruhan," kata Ardian.

"Hambatan di Pasar Cisarua itu (buntutnya) sampai SPBU Tugu. Nanti sedang diusulkan kepada pimpinan apakah bisa dilakukan one way ke bawah atau tidak. Apabila masih bertambah kiriman arus dari Cianjur menuju Jakarta, nanti sore kemungkinan besar akan dilakukan one way arah bawah," tambahnya.

(lir/lir)