Menko PMK Sebut Lebaran Titik Tolak Transisi Pandemi Jadi Endemi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 03:31 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menjenguk korban perosotan ambrol.
Muhadjir Effendy (Faiq Azmi/detikJatim)
Jakarta - Menko PMK RI Muhadjir Effendy menjenguk korban perosotan Kenjeran Water Park yang ambrol di RSU Dr Soetomo Surabaya. Dalam kesempatan itu, Muhadjir menyinggung tentang transisi pandemi menjadi endemi COVID-19 di Indonesia.

Muhadjir mengatakan Lebaran diharapkan bisa menjadi titik tolak bagi Indonesia dalam hal transisi dari masa pandemi ke endemi COVID-19. Salah satunya dengan dibukanya sejumlah fasilitas umum.

"Target dari pemerintah kami upayakan kondisi lebaran tahun ini betul-betul bisa menjadi titik tolak menuju ke masa transisi dari pandemi ke endemi. Salah satunya dibuka fasilitas umum termasuk tempat rekreasi," kata Muhadjir seperti dilansir detikJatim, Senin (9/5/2022).

Muhadjir berharap agar kejadian ambrolnya perosotan Kenpark Surabaya menjadi musibah terakhir kalinya yang terjadi di tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan itu ia meminta agar pengelola tempat wisata mengecek secara berkala kondisi wahana masing-masing. Terutama wahana-wahana bermain yang memiliki risiko.

"Saya imbau tempat pengelola permainan, rekreasi, tolong dicek kondisi wahana yang dimiliki. Tolong dicek, kalibrasinya dicek, standarnya dicek. Kalau kreatornya dari luar negeri sering dicek agar kondisinya aman," katanya di Surabaya.

Baca selengkapnya di sini. (rfs/rfs)