ADVERTISEMENT

Alasan Pemudik Pilih Kereta Api: Ogah Kena Macet

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 12:07 WIB
Suasana Stasiun Gambir 28 April 2022
Suasana Stasiun Gambir 28 April 2022 (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga lebih memilih mudik menggunakan kereta api dibanding angkutan umum yang lain. Mereka menilai kereta api lebih cepat dan nyaman.

"Lebih nyaman kalau naik kereta api," kata salah seorang penumpang, Tio (27), di Stasiun Gambir, Kamis (28/4/2022).

Tio akan melakukan perjalanan ke Bandung, Jawa Barat. Dia menyebut sejumlah keperluan pun telah disiapkan, termasuk vaksinasi booster.

"Palingan untuk keperluan berangkat, uang cash, KTP, vaksin aman, prokes juga aman," katanya.

Senada dengan Tio, penumpang lain, Gagah Syafputra (32), mengaku sangat antusias dapat kembali pulang kampung. Kali ini dia memilih menaiki kereta api demi menghindari kemacetan.

"Kalau naik motor keluarga di rumah waswas nggak ngizinin. Kalau naik mobil kemarin udah kepikiran, cuma risiko macet harus ditanggung. Kita kan mau cepet juga, lebih efektif naik kereta, lebih enak juga," kata Gagah.

Gagah berharap mudik seperti ini akan terus berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya. Selain itu, dia berharap pandemi segera berakhir.

"Semoga tetap mudiknya lancar, tahun-tahun besok juga ada lagi, dari pandemi jadi endemi, jadi lebih nyaman lagi," ujar Gagah.

Hal yang sama diharapkan oleh Bowo (21). Bowo mengungkapkan alasannya memilih menaiki kereta api lantaran telah melihat beragam informasi bahwa jalanan telah dipadati kendaraan.

"Macet sih, kemarin liat berita katanya udah mulai macet gitu, naik kereta aja, lebih aman dan lebih cepet juga," kata Bowo.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT