ADVERTISEMENT

Cerita Arus Balik Hari Ini Yogya-Bekasi 9 Jam, Terbantu One Way

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 20:51 WIB
Seorang warga Bekasi bernama Fajar bercerita pengalamannya saat arus balik Lebaran 2022 dari Yogyakarta kembali ke Bekasi. Fajar kembali ke Jatiasih, Bekasi, dari Bantul, Yogyakarta menempuh waktu sembilan jam terbantu oleh one way di Tol Boyolali hingga Tol Cikampek.
One way arus balik Lebaran 2022. (Dok. Fajar)
Jakarta -

Seorang warga Bekasi bernama Fajar bercerita pengalamannya saat arus balik Lebaran 2022 dari Yogyakarta kembali ke Bekasi. Fajar kembali ke Jatiasih, Bekasi, dari Bantul, Yogyakarta menempuh waktu sembilan jam terbantu oleh one way di Tol Semarang hingga Tol Cikampek.

Fajar berangkat dari rumah orang tuanya di Piyungan, Bantul, sekitar pukul 08.47 WIB, Minggu (8/5/2022), menuju titik gerbang tol terdekat yakni di Gerbang Tol Boyolali. Untuk menuju ke Gerbang Tol Boyolali, Fajar mengambil jalur Jalan Berbah-Prambanan, Jalan Jogja-Solo, lalu belok kiri di Jalan Klaten-Jatinom.

"Dari situ tembus ke sisi timur Boyolali dan masuk ke Gerbang Tol Boyolali. Perjalanan di rute arteri 'pra tol' ini ramai lancar, dan cukup banyak saya menjumpai kendaraan roda empat dengan nopol 'B' di rute serupa," kata Fajar.

Lancar One Way

Dari Gerbang Tol Boyolali di Km 482 menuju Semarang, Fajar bercerita perjalanan terbilang lancar. Kemacetan pendek muncul di menjelang Km 428 Tol Semarang ABC, di mana di titik itu, sesuai dengan pengumuman dari kepolisian, diberlakukan one way.

"Ada yang menarik dari gerak-gerik pemobil menjelang titik 428 ini. Ada sejumlah pemobil yang menurut saya tampak bimbang akan mengambil jalur kiri atau lajur kanan," ujarnya.

Seorang warga Bekasi bernama Fajar bercerita pengalamannya saat arus balik Lebaran 2022 dari Yogyakarta kembali ke Bekasi. Fajar kembali ke Jatiasih, Bekasi, dari Bantul, Yogyakarta menempuh waktu sembilan jam terbantu oleh one way di Tol Boyolali hingga Tol Cikampek.Seorang warga Bekasi bernama Fajar bercerita pengalamannya saat arus balik Lebaran 2022 dari Yogyakarta kembali ke Bekasi. Fajar kembali ke Jatiasih, Bekasi, dari Bantul, Yogyakarta menempuh waktu sembilan jam terbantu oleh one way di Tol Boyolali hingga Tol Cikampek. (Dok. Fajar)

Fajar memilih jalur kanan, karena sekilas tampak lebih sepi, selain itu bisa mengemudi melawan arah dan legal di sebagian besar Tol TransJawa.

"Di awal-awal mengemudi di lajur kanan, saya-yang pada arus mudik ke Yogya tidak kebagian one way karena baru jalan pulang pada Selasa 3 Mei 2022-perlu adaptasi mengingat semuanya serba terbalik: bahu jalan di sisi kanan hingga rest area di sisi kanan," ucap Fajar seraya bercerita di beberapa titik menjumpai terjadi kepadatan di jalur kiri sedangkan di jalur kanan jalan terus.

Tersendat Setelah Km 66

Perjalanan dari Km 428 ini cukup lancar hingga Fajar menemui kemacetan di Km 64. Fajar menduga kemacetan ini imbas dari penyempitan jalur yang tadinya one way kapasitas penuh dua jalur, menjadi contraflow setelah Km 66.

"Selepas KM 66, kami yang berada di jalur kanan sempat menikmati lancarnya perjalanan sembari melihat saudara-saudara pemudik lainnya di jalur kiri yang terkena macet," sebutnya.

Namun setelah Km 47, situasi berganti. Giliran pemobil di jalur kiri yang lebih lancar. Mereka yang di sisi kiri bisa 'menikmati' Tol Layang MBZ dan jalur bawah secara penuh.

Lihat video 'Pantauan Udara di Tol Japek: Kendaraan Pemudik Mengular Panjang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT