ADVERTISEMENT

Arus Balik di Tol Cikampek: Tak Ada Macet Berarti, Lalin Ramai Lancar

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 19:21 WIB
Arus balik Lebaran 2022 mulai terjadi sejak empat hari selepas momen Idul Fitri. Kendaraan dari arah Timur Pulau Jawa berbondong-bondong kembali ke Ibu Kota, Minggu (8/5/2022).
Lalin kendaraan di Tol Cikampek arah Jakarta, Minggu (8/5/2022). (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Arus balik Lebaran 2022 mulai terjadi sejak empat hari selepas momen Idul Fitri. Kendaraan dari arah Timur Pulau Jawa berbondong-bondong kembali ke Ibu Kota.

Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) Km 70 menjadi pintu masuk tol yang paling sibuk. Pasalnya, kendaraan dari arah Semarang yang mengarah ke Jakarta mayoritas melintas gerbang tol tersebut.

detikcom memantau langsung pergerakan arus balik Lebaran 2022 di Tol Jakarta-Cikampek. Pengamatan dilakukan sejak Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5/2022), yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

Titik pemantauan dilakukan mulai dari Km 70 Cikatama. Sejak hari Jumat (6/5) kepadatan kendaraan yang menuju Jakarta dari Jawa memang terlihat. Polisi pun sejak Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB menerapkan kebijakan one way dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Selama tiga hari pemantauan kondisi arus balik kendaraan menuju Jakarta lewat Tol Cikampek terlihat ramai lancar. Belum pernah terjadi kemacetan parah hingga membuat kendaraan berhenti, bahkan pengendara keluar dari kendaraannya.

Titik-titik kemacetan pun terurai. Biasanya kemacetan terjadi mulai dari Km 67 Tol Cikampek. Antrean kemacetan bisa mengular hingga empat sampai lima kilometer setelahnya.

Namun, selepas dari rest area Km 62 arus kendaraan biasanya mulai longgar. Kendaraan bisa memacu kendaraannya hingga 60 Km/jam.

Hasil pemantauan arus balik selama tiga hari itu, kemacetan acap kali terjadi di titik yang mendekati rest area. Kendaraan yang mengantre memasuki rest area di pinggir jalan biasanya berkontribusi membuat kemacetan di ruas jalan tol.

Sejauh ini tidak ada temuan kondisi kemacetan parah yang mengular selama arus balik Lebaran. Bahkan pada Sabtu (7/5), kondisi arus lalu lintas dari GT Cikatama Km 70 ke arah Jakarta ramai lancar sejak pagi hari.

Hari ini yang diprediksi sebagai puncak arus balik pun belum menunjukkan kemacetan parah. Pantauan di Km 54 Tol Cikampek pukul 18.09 WIB kondisi arus lalu lintas ramai lancar mengarah ke Jakarta.

Kemacetan memang terjadi, namun kendaraan masih bisa melaju dan tidak tersendat di tengah jalan. Arus lalu lintas nampak padat merayap.

Sore ini titik kepadatan arus balik terasa di jalur kiri one way yang mengarah ke Jakarta. Sementara di jalur kanan kendaraan tampak lengang.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT