Polisi Bakal Tegur Rombongan Sepatu Roda yang Melintas di Tengah Jl Gatsu

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 17:29 WIB
Viral Rombongan Pemain Sepatu Roda di Jalan Raya
Viral video rombongan sepatu roda di tengah jalan raya di Jl Gatsu, Jakarta. (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Video yang memperlihatkan sekelompok orang tengah main roller skate atau sepatu roda di tengah jalan raya di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, viral di media sosial. Polisi menyebut jalan raya itu sejatinya bukan diperuntukkan bagi arena sepatu roda.

"Itu tentu tidak boleh dilakukan di tengah jalan seperti itu karena bukan trek buat sepatu roda," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dimintai konfirmasi, Minggu (8/5/2022).

Zulfan menerangkan, bermain sepatu roda di tengah jalan raya dapat mengganggu pengguna jalan lainnya. Polisi akan menegur rombongan sepatu roda yang viral tersebut.

"Kami akan menegur dan menertibkannya," kata Zulpan.

Polisi juga tidak menutup kemungkinan akan memberikan sanksi jika rombongan sepatu roda tersebut mengulanginya lagi.

"Ya (akan diberi sanksi) bila mereka mengulangi lagi perbuatan yang sama. Tapi kita kedepankan tindakan persuasif dengan teguran saja dulu," ucap Zulpan.

Wagub DKI Singgung Arogansi

Dalam video viral tersebut, seperti dilihat detikcom, Minggu (8/5), mulanya hanya terlihat dua laki-laki yang sedang bermain roller skate. Mereka terlihat asyik mengaspal melaju zig-zag di tengah jalan raya.

Terlihat dalam video tersebut arus lalu lintas terpantau ramai. Pengendara roda empat dan roda dua tampak mengurangi kecepatan. Sahut-sahutan klakson dari pengendara tak terhindarkan.

Tak lama berselang, terekam belasan orang yang bermain roller skate sepanjang jalan raya itu. Gerombolan itu tampak berbaris memanjang dan meliuk-liuk di jalan raya yang dipenuhi kendaraan roda empat dan roda dua itu.

Menanggapi itu, Wagub DKI Ahmad Riza Patria berterima kasih kepada warga yang telah mengirimkan video tersebut. Dia berjanji akan menindak gerombolan orang yang bermain roller skate di jalan raya.

"Kami tindak lanjuti," kata Riza dikutip dari akun Twitter resmi miliknya.

Riza menyayangkan kejadian itu terjadi saat Pemprov DKI telah memiliki tempat untuk bermain sepatu roda. Dia mengatakan arogansi di jalan raya tak hanya dapat merugikan diri sendiri tapi juga banyak orang.

"Fasilitas umum harus sesuai peruntukkan dan ketentuan. Sudah ada tempat bersepatu roda. Arogansi di jalan merugikan diri & banyak orang," ungkap Riza.

(ain/whn)