ADVERTISEMENT

PPP Akan Hadiri Pendidikan Politik Cerdas dan Berintegritas dari KPK

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 18:39 WIB
Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi
Foto: PPP
Jakarta -

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memastikan akan hadir dalam kegiatan Pendidikan Politik Cerdas dan Berintegritas yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi mengatakan PPP siap menghadiri kegiatan tersebut pada 18 Mei mendatang. Sebab, pemberantasan korupsi merupakan hal yang perlu dilakukan secara kolosal, sistemik dan kolaboratif.

"Kegiatan pendidikan politik cerdas dan berintegritas oleh KPK ini menjadi momentum untuk melakukan pemberantasan korupsi yang sistemik dan kolaboratif bersama pemangku kepentingan di antaranya parpol," ujar Arwani dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

Arwani menjelaskan sebagai pilar penting demokrasi, partai politik berperan penting layaknya lembaga penegak hukum, khususnya KPK, dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Pemberantasan korupsi tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus kolaboratif. Parpol menjadi entitas penting dan menjadi hulu pemberantasan korupsi," sebutnya.

Mengenali kegiatan ini, Arwani pun KPK yang turut melibatkan parpol untuk melahirkan persepsi yang sama dalam pemberantasan korupsi, khususnya dalam pembentukan kebijakan publik melalui produk legislasi dan pengawasan di parlemen.

"Parpol melalui wakilnya di parlemen memiliki posisi strategis untuk melahirkan kebijakan yang antikoruptif dan pengawasan yang mendorong transparansi," pungkasnya.

Sebagai informasi, KPK akan menggelar Pendidikan Politik Cerdas dan Berintegritas pada 18 Mei 2022. Kegiatan ini akan melibatkan 20 partai politik dalam 21 gelombang. Pada gelombang pertama, kegiatan ini akan menyasar pengurus harian partai politik, yakni ketum, sekjen dan bendum masing-masing partai politik.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT