ADVERTISEMENT

Lebaran di Lasem, Sekjen PPP Ziarah ke Makam Pendiri NU

Ahlu Dzikri - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 19:57 WIB
Sekjen PPP Arwani Thomafi.
Foto: dok. PPP
Jakarta -

Sekjen PPP Arwani Thomafi melaksanakan mudik lebaran di kampung halaman di Lasem Rembang Jawa Tengah. Momen tersebut dimanfaatkan untuk ziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari Lasem, Rembang.

Arwani berlebaran bersama keluarga besar Pondok Pesantren Al Hamidiyyah Lasem Rembang. Selepas salat Idul Fitri, ia menggelar silaturahmi bersama keluarga besar dan tetangga sekitar.

Dalam kesempatan tersebut, Arwani berziarah ke makam kedua orang tua, Ulama Lasem Sayyid Abdurrahman (Mbah Sambu) serta tiga tokoh pendiri NU yang berasal dari Lasem yakni KH Maksum, KH Baidlhowi dan KH Kholil yang dimakamkan dalam satu komplek pemakaman di Masjid Jami' Lasem.

"Lebaran ini momen yang tepat untuk bersilaturahim dengan sanak saudara dan berziarah kubur ke orang tua, leluhur dan para ulama untuk mengenang kebaikan beliau-beliau," ujar Arwani dalam keterangan tertulis, Senin (2/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Arwani ditemani keluarga besarnya serta didampingi sejumlah pengurus PPP Rembang dan PPP Pati serta Ketua GPK Rembang M Mujib.

Arwani menyebutkan, sejumlah tokoh Lasem menjadi aktor penting dalam proses pendirian NU. Menurut dia, keterlibatan sejumlah ulama yang berasal dari Lasem tersebut memberi legacy positif bagi pengembangan Islam dan NU khususnya di Lasem.

"Saya bersyukur lahir dan besar di Lasem dan dapat berinteraksi dengan legacy para ulama besar dari NU. Secara khusus, ini berkah sebagai warga Lasem," sebut Arwani.

Menurut dia, keteladanan para ulama terdahulu cukup kontekstual untuk diterapkan saat ini. Menurut dia, ajaran tentang konsistensi, toleransi dan pembelaan kepada kelompok lemah menjadi keteladanan yang patut dipedomani.

"Soal istiqomah dan pembelaan kepada kelompok lemah serta tetap menjunjung toleransi menjadi warisan para ulama yang senantiasa relevan hingga saat ini," tandas Arwani.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT