Cerita Mulyani Baru Mudik ke Cilacap Bareng Keluarga Gegara Kehabisan Tiket

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 23:08 WIB
Mulyani dan keluarga
Mulyani dan keluarga (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Warga Pulo Jahe, Jakarta Timur, Mulyani (45), bakal mudik ke kampung halaman di Cilacap, hari ini. Dia mengaku kehabisan tiket kereta untuk mudik sebelum Lebaran.

"Karena nggak dapat tiket dari pertama mau puasa itu udah mesen mau lebaran di Cilacap terus nggak dapat-dapat, ya dapatnya pas tanggal 6 ya udahlah dilanjutin aja, emang udah rencana ya udah lanjutin," kata Mulyani di Stasiun Pasar Senen, Jumat (6/5/2022).

Dia mengaku kesal dan kecewa tak bisa merayakan Lebaran di kampung halaman sesuai rencana. Dia mengaku bangun pukul 02.00 WIB hanya untuk memburu tiket mudik sebelum lebaran.

"Bukan kesal lagi, jam 2 malam nyari biar dapat ya jam 2 malam, kosong juga, penuh juga. Pas kata anak 'mah adanya tanggal 6' ya udah tanggal 6 pesen deh buru-buru, jangan sampai habis," ucapnya.

Dia mengaku tak sabar untuk tiba di Cilacap setelah dua tahun tidak mudik. Mulyani mudik bersama suami dan kedua anaknya.

"Namanya kita kepengen udah lama ya, udah ada dua tahun nggak pulang-pulang ya udah ini dipaksa aja udah nggak apa-apa deh habis Lebaran dah, yang penting kita pulang ke Cilacap. Saya mudik berempat, anak dua sama ayahnya sama saya, sekeluarga," ujarnya.

"Udah seneng aja dah udah, pengen buru-buru nyampai di kampung, pengen buru-buru nyampai di kampung aja udah," tambahnya.

Dia mengatakan dirinya membawa sejumlah oleh-oleh untuk keluarganya di Cilacap. Di antaranya baju baru dan makanan, seperti biji ketapang serta dodol khas Betawi.

"Bawa oleh-oleh kayak baju gitu, makanan kesukaan mertua, biasa oleh-oleh dari Jakarta dah. (Baju baru) buat ponakan-ponakan, minum-minuman yang buat mertua gitu. Ya kayak mbang goyang gitu, terus kayak biji ketapang kan di Cilacap nggak ada adanya di Betawi kayak dodol gitu," jelasnya.

Dia mengatakan keluarganya di Cilacap pun sudah siap menyambut kehadirannya. Dia menyebut keluarganya telah menyiapkan aneka olahan makanan untuk dirinya.

"Pokoknya semuanya udah disiapin, nih dibeliin ikan gede-gede, ya katanya di Cilacap dibeliin ikan, udah dibeliin udang, katanya tempat tidur udah dirapihin, udah pada senang dah katanya," tuturnya.

Selain itu, dia mengatakan dirinya memilih mudik menggunakan kereta agar terhindar dari macet. Mulyani membeli tiket mudik ke Cilacap hari ini pada 16 April lalu.

"Ini yang kecil mabuk kalau naik bus, kalau naik kereta kan nyaman, kita enak kalau naik kereta, nyaman aja deh gitu. Apalagi nggak macet kan, kalau naik bis macet gitu. Macetnya itu yang nggak enak," katanya.

Suami Mulyani, Heru Prayitno (46), mengatakan dirinya bakal pulang ke Jakarta lebih dulu pada 11 Mei mendatang. Sementara Mulyani dan kedua anaknya bakal pulang ke Jakarta pada 15 Mei.

"Kalau saya (pulang ke Jakarta) tanggal 11 kalau mereka tanggal 15, mereka mesen (tiket udahan) nanti saya pakai bus ajalah kalau mereka kereta," kata Heru.

"Kalau udah cuti dua hari nggak bisa cuti lagi, yang penting bisa pulang (ke Cilacap) gitu aja," imbuhnya.

(dek/dek)