Cerita Warga Balik ke Jakarta H+4 Lebaran Gegara Tiket KA Minggu Habis

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 19:51 WIB
Suasana di Stasiun Senen H+4 Lebaran (Mulia Budi-detikcom)
Suasana di Stasiun Senen H+4 Lebaran (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Warga Jakarta Barat, Noksafurohtun (26), balik dari kampung halamannya hari ini. Dia mengaku balik pada H+4 Lebaran gara-gara tiket kereta api (KA) ke Jakarta untuk perjalanan hari Minggu sudah habis.

"Soalnya emang saya pas dapat tiketnya hari ini aja, kehabisan tiket karena pas cek ini kayaknya tiket tambahan, ada gerbong tambahan baru habis itu dapat," kata Noksafurohtun di Stasiun Pasar Senen, Jumat (6/5/2022).

Noksafurohtun mengatakan dirinya mudik ke Tegal pada H-1 Lebaran lalu. Dia mengaku senang bisa mudik, meski balik ke Jakarta bukan pada hari terakhir masa libur Lebaran.

"Rencana hari Minggu (pulangnya) cuma karena ada tiketnya hari ini ya hari ini," ujarnya.

Alasan yang sama disampaikan Nita (27) dan Budi (32). Nita, yang sebelumnya mudik ke Kutoarjo, dan Budi, yang sebelumnya mudik ke Yogyakarta, mengaku kehabisan tiket KA untuk perjalanan hari Minggu.

"Karena tanggal 7 (Mei) sama tanggal 8 (Mei) itu udah nggak dapat tiket kereta dan tanggal 9 (Mei) sudah harus masuk kerja," kata Nita.

"Karena kehabisan tiket, jadinya pulangnya sekarang tanggal 6 (Mei) dapatnya tanggal itu. Rencana tanggal 8 (Mei) mau balik ke sini dapatnya tanggal 6 (Mei)," ujar Budi.

Warga lainnya, Aulia (19), mengaku sengaja pulang hari ini untuk beristirahat sebelum mulai kerja. Aulia tiba di Stasiun Pasar Senen dari perjalanan mudik ke Pekalongan pada 30 April lalu.

"Aku lebih milih pulang di tanggal 6 (Mei) biar ada waktu buat istirahat buat nanti kerja di tanggal 9 (Mei). Soalnya kalau di tanggal 7 (Mei) sama tanggal 8 (Mei) itu kan kayak puncaknya mudik gitu kan, jadi aku lebih milih lebih cepat aja sih biar nggak terlalu padat," kata Aulia.

Warga lain, Sadi Sutrisno (31), memilih pulang ke Jakarta hari ini karena harus bekerja besok. "Karena untuk masuk kerjanya di tanggal 7 (Mei), dari kantornya untuk masuknya di tanggal 7 (Mei) hari Sabtu," kata Sadi.

Simak juga video '38 Ribu Penumpang KA Kembali ke Jakarta Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]




Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.