Polisi Bubarkan Kerumunan Warga di Kemayoran Saat Malam Takbiran

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 01:53 WIB
Polda Metro Jaya bubarkan kerumunan warga di Kemayoran saat malam takbiran
Polda Metro Jaya bubarkan kerumunan warga di Kemayoran saat malam takbiran (Foto: Screenshot video TMCPoldaMetro)
Jakarta - Polisi membubarkan kerumunan warga di Jalan Benyamen Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus). Warga tersebut berkerumun saat malam takbiran.

"Polri Sat Lantas Jakarta Pusat melakukan pembubaran warga yang berkerumun di sekitaran Jl. Benyamen Sueb Kemayoran Jakpus," tulis akun Twitter @TMCPoldaMetro seperti dikutip pada Senin (2/5/2022).

Pembubaran kerumunan warga itu dilakukan polisi yang dipimpin oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Para warga yang berkerumun diminta untuk bubar dan kembali ke rumah masing-masing.

Berdasarkan video yang dibagikan TMC Polda Metro Jaya, tampak warga memadati Jalan Benyamen Sueb. Peristiwa itu diketahui sekitar pukul 00.35 WIB.

Mayoritas warga yang dibubarkan adalah anak-anak muda yang mengendarai sepeda motor. Akibat adanya kerumunan itu, lalu lintas di sekitar lokasi pun terlihat mengalami kemacetan.

Tampak polisi terus menghalau kerumunan warga tersebut agar segera membubarkan diri demi mengurai kemacetan. Belum diketahui untuk apa warga tersebut berkerumun di sekitar lokasi.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mengimbau warga tidak menggelar takbir keliling. Polisi menyarankan warga menggelar takbiran di masjid saja.

"Ya kita imbau agar tidak takbiran malam," kata Zulpan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (27/4).

Menurutnya, sama seperti halnya sahur on the road (SOTR), takbir keliling disarankan tidak dilakukan demi mencegah kerumunan dan potensi gangguan kamtibmas lainnya.

"Ya kan kita di Ramadan aja nggak boleh SOTR, demikian juga takbir keliling untuk sekiranya ditiadakan mengingat tadi dampak-dampak yang ditimbulkan," katanya.

Simak Video: Malam Takbiran, Lautan Manusia Padati Pengkolan Garut

[Gambas:Video 20detik]




(fas/fas)