ADVERTISEMENT

Kapolri soal Arus Balik: Kalau Padat, One Way Sampai Semanggi

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 20:04 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya bakal memperpanjang sistem satu arah jika terjadi kemacetan arus balik. Ujung one way bakal ditarik hingga Semanggi.

"Nanti kalau dari perkembangannya kemudian kepadatan mau tidak mau harus kita urai, maka kita tarik ekor one way ini sampai di Gerbang Tol Semanggi," kata Sigit di Pospam Km 3+500, Jumat (6/5/2022).

Sigit mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan arus balik. Jika kemacetan terjadi, one way bakal diperpanjang lebih dulu hingga Halim.

"Tentunya kita akan terus mengikuti perkembangan arus yang ada, perkembangan untuk penarikan kepala one way dari Kalikangkung dan ekornya nanti apabila memang arus baliknya padat akan ditarik ke Km 3+500 di gerbang tol Halim ini," katanya.

Sigit mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif. Dia meminta warga yang akan mengarah ke Jawa Barat dan Jawa Tengah menggunakan jalur alternatif.

"Jadi beberapa rekayasa yang kita laksanakan mulai dari one way kemudian mengatur contraflow dan juga mengatur mana yang melalui jalur arteri terhadap masyarakat yang akan mengarah ke Bandung, ke Jateng, kita siapkan jalur alternatif-alternatif yang tentunya untuk mengurangi risiko terjadinya kepadatan karena ada arus yang crossing," katanya.

Sigit mengatakan sejauh ini pihaknya menerapkan one way di Km 70 menuju Km 47 Tol Cikampek arah Jakarta. Selanjutnya, polisi menerapkan contraflow dari Km 47 menuju Km 28.

"Dari proses perjalanan one way maka kita lihat kepala one way sudah masuk di Km 70 kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam, jadi kemudian kita lihat dari mulai Km 70 ke Km 47 diberlakukan one way dan kemudian 47 sampai 28 diberlakukan contraflow," katanya.

Lihat juga video 'One Way GT Kalikangkung Dimulai, Kakorlantas: Manfaatkan Jalur yang Ada!':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT